Kominfo Bangun BTS

Telko.id – Kominfo Bangun 17 BTS di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo dengan sumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) .

Mengawali pembangunan ini, Menteri Komunikasi dan informatika Johnny G. Plate melakukan peletakan batu pertama (ground breaking). Pada kesempatan tersebut, Menkominfo menegaskan akan terus melakukan identifikasi wilayah blankspot untuk menjamin pemerataan akses jaringan 4G.

“Di Kabupaten Natuna sendiri akan dibangun 17 Base Transceiver Station untuk 17 desa, yang didukung nanti dengan kehadiran signal cepat 4G,” ujarnya dalam kunjungan kerja di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (22/04/2021).

Johnny menjelaskan Kominfo bangun BTS sebanyak 16 unit yang berada di 12 desa di Kabupaten Kepulauan Riau, 5 BTS di desa yang berada di Kabupaten Bintan dan di Kabupaten Karimun dibangun 1 BTS untuk satu desa. Meskipun demikian, pihaknya akan terus melakukan identifikasi wilayah Blakspot yang masih ada. 

“(Pembangunan BTS) Itu belum cukup karena masih banyak wilayah yang blankspot, wilayah-wilayah blankspot yang menjadi identifikasi ini dilakukan melalui proses digitalisasi dari instrumen peralatan yang ada di Jakarta, di Kominfo dan operator seluler,” jelasnya.

Mengenai pembangunan infrastruktur TIK tahun 2021, Menkominfo menyatakan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo akan membangun 4.200 BTS di seluruh wilayah 3T di Indonesia yang dilakukan dalam 5 paket.

“Hari ini paket 1 dan paket 2 dibawah konsorsiun fiberhome bersama rekan-rekan konsorsium members. Tentu perlu dilakukan,” tandasnya.

Lebih lanjut, Johnny menjelaskan pihaknya terus melakukan verifikasi lapangan dan akan dilakukan review desain dan final desain untuk menentukan titik-titik lokasi dan pilihan teknologi yang tepat sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

“Tujuan kunjungan saya kali ini dan ini kunjungan pertama saya ke Pulau Natuna, sudah beberapa kali ke Provinsi Riau, kali ini dengan dua tujuan setidaknya yang pertama dalam kaitan dengan peletakan batu pertama, awal pembangunan Base Transceiver Station untuk wilayah 3T,” jelasnya.

Selama melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Natuna, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Direktur Utama BAKTI Anang Latif, Direktur Infrastruktur BAKTI Bambang Noegroho, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahmad, dan Bupati Kepulauan Natuna Abdul Hamid Rizal.

Sebagai informasi, pemerintah melalui BAKTI, akan membangun BTS yang akan dibagi ke dalam lima paket, dengan rincian sebagai berikut:

● Paket 1 sebanyak 1.364 desa/kelurahan yang meliputi Area 1 Sumatera (132), Area 2 Nusa Tenggara (456), dan Area 3 Kalimantan (776)

● Paket 2 sebanyak 1.336 desa/kelurahan yang meliputi Area 4 Sulawesi (536) dan Area 5 Maluku (800)

● Paket 3 sebanyak 1.795 desa/kelurahan yang meliputi Area 6 Papua Barat (824), Area 7 Papua Bagian Tengah Barat (971)

● Paket 4 sebanyak 1.879 desa/kelurahan yang mencakup Area 8 Papua Bagian Tengah Utara (1.819)

● Paket 5 sebanyak 1.590 desa/kelurahan yang mencakup Area 9 Papua Bagian Timur Selatan (1.590)

(Icha)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.