Telko.id – Saat ini, akses broadband dalam penerbangan sudah menjadi trend. Itu sebabnya, Inmarsat dan Deutsche Telekom (DT) bekerjasama untuk memberikan solusi konektivitas dalam penerbangan yang diberi nama European Aviation Network (EAN).

Dengan EAN ini, akan ada lebih dari 30.000 penumpang di seluruh benua setiap hari, yang dapat selalu menjelajahi internet, streaming video, dan uodate sosial media tanpa hambatan, nikmati permainan interaktif real-time, dan banyak lagi selama penerbangan.

Saat ini yang masih dalam fase ‘soft launch’, layanan broadband ini baru dapat diakses pada lebih dari 100 rute tujuan utama seperti London, Madrid, Barcelona, ​​Athena, Lisbon, Praha, Roma dan Wina. Dan yang menggunakan layanan tersebut mencapai dua juta penumpang.

EAN dibangun di atas infrastruktur Eropa yang unik, dan menjadi tanda perubahan paradigma dalam pengalaman penumpang maskapai di benua itu, dengan kecepatan yang tak tertandingi, jangkauan yang tidak terputus dan latensi yang jauh lebih rendah daripada jaringan broadband inflight lainnya di pasar.

“EAN telah menetapkan tolok ukur baru yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk broadband dalam penerbangan, tidak hanya di Eropa tetapi pada basis global. Ini menggabungkan keahlian dari perusahaan paling inovatif di Eropa untuk memberikan konektivitas terbaik di kelasnya yang tak tertandingi oleh solusi lain,” ujar Philip Balaam, Presiden Inmarsat Aviation.

Untuk memberikan layanan yang terbaik, Inmarsat mengaku sudah melakukan kerjasama dengan maskapai penerbangan sudah sejak beberapa waktu lalu. Terutama untuk memantau dan menyempurnakan layanan broadband yang akan diberikan sebelum akhirnya dapat digunakan para armada maskapai penerbangan dengan jumlah yang lebih banyak lagi.

“Kami sangat senang dengan respons awal yang diberikan oleh  maskapai dan penumpangnya, yang merupakan bukti peran penting yang sudah dimainkan EAN dalam industri penerbangan Eropa. Visi ini dari jaringan konektivitas inflight berkecepatan tinggi pan-Eropa yang unik sedang digunakan dengan infrastruktur canggih di langit dan di darat,” ujar Philips menambahkan.

Dikembangkan oleh Inmarsat dan Deutsche Telekom (DT) dalam kemitraan dengan perusahaan-perusahaan Eropa terkemuka seperti Thales, Nokia, Airbus, Cobham dan EAD Aerospace, EAN telah dirancang dari awal khusus untuk kebutuhan penerbangan Eropa. Ini memberikan layanan broadband dalam penerbangan yang konsisten di seluruh Eropa, salah satu wilayah udara paling padat di dunia, dengan lebih dari satu miliar penumpang dan 11 juta penerbangan per tahun.

Untuk pelanggan maskapai, EAN juga menawarkan waktu tercepat dalam memasang solusi konektivitas, hanya membutuhkan kurang dari sembilan jam per pesawat, yang berarti waktu henti yang jauh lebih sedikit. Dikombinasikan dengan bobot peralatan yang ringan,  sistem yang rendah, drag yang rendah, dan pemeliharaan mudah, membuat layanan ini ini menghasilkan biaya operasi keseluruhan yang lebih rendah.

“Ini adalah pencapaian yang sangat penting, tidak hanya untuk Deutsche Telekom dan Inmarsat, tetapi untuk semua mitra Eropa yang terlibat dalam mendapatkan solusi yang sangat inovatif ini,” ungkap Rolf Nafziger, Wakil Presiden Senior Deutsche Telekom Global Carrier.

Rolf juga menyatakan bahwa EAN ini memiliki masa depan yang cerah karena akan terus menambah jumlah maskapai penerbangan dan pelanggan dalam beberapa bulan mendatang. Selain itu, peralatan yang kecil dan ringan, perawatannya yang rendah, membuat bisnis ini yang sangat menarik bagi operator Eropa lainnya. (Icha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.