Kinerja Indosat Ooredoo

Telko.id –  Meskipun di tengah persaingan ketat dan tantangan pandemi COVID19, kinerja Indosat Ooredoo cukup solid. Terutama pada pendapatan seluler dan EBITDA yang mampu tumbuh dua digit. Hal ini tercermin dalam laporan kinerja sembilan bulan yang berakhir pada 30 September 2020 dan baru saja diumumkan hari ini (03/11/2020).

Dalam laporan nya tersebut, kinerja Indosat Ooredoo kinerja terjadi kenaikan pendapatan sampai 9,2% dibanding tahun sebelumnya, menjadi Rp20,6 triliun, pendapatan seluler meningkat 12,9% dibanding tahun sebelumnya, menjadi Rp17 triliun, EBITDA mencapai Rp8,5 triliun atau meningkat 17% dibanding tahun sebelumnya,  dan EBITDA margin tercatat sebesar 41,1% meningkat 2,7 bps dibanding tahun sebelumnya.

Jumlah pelanggan seluler nya pun meningkat 2,8% dibanding tahun sebelumnya, menjadi 60,4 juta pada akhir September 2020. Rata-rata pendapatan bulanan per pelanggan (ARPU) pun meningkat menjadi Rp31,7 ribu dari sebelumnya Rp27,8 ribu, serta trafik data yang tumbuh sebesar 54,7% dibanding tahun sebelumnya.

Pertumbuhan jumlah pelanggan serta ARPU menunjukkan bahwa investasi jaringan, inisiatif digital, dan penawaran ke pelanggan telah memberikan hasil yang menguntungkan. Di pasar di mana sebagian besar operator menawarkan proposisi unlimited, Indosat Ooredoo telah berhasil mempertahankan momentum pertumbuhan dengan pengalaman jaringan yang lebih baik dan harga yang terjangkau.

“Saya sangat gembira untuk mengumumkan bahwa Indosat Ooredoo mencatatkan triwulan III tahun 2020 dengan kinerja keuangan dan operasional yang kuat. Meskipun di tengah persaingan ketat dan tantangan pandemi COVID19, kami terus menjaga momentum pertumbuhan dan terus berada pada jalur yang tepat mewujudkan strategi turnaround,” ungkap Ahmad Abdulaziz A. A. Al-Neama, President Director & CEO Indosat Ooredoo.

Indosat Ooredoo terus mendukung program pemerintah untuk membantu masyarakat melewati pandemi COVID-19, salah satunya untuk progam Pembelajaran Jarak Jauh. Indosat Ooredoo bersama Pemerintah telah membantu jutaan guru dan siswa di seluruh Indonesia dengan menyediakan akses internet yang mudah dijangkau dan berkecepatan tinggi. Indosat Ooredoo juga melakukan beberapa kerja sama strategis dengan mitra global untuk meningkatkan layanan digital bagi pelanggan, retail maupun korporasi.

Selama triwulan III tahun 2020, Indosat Ooredoo meluncurkan beberapa produk dan layanan inovatif seperti, IMPreneur untuk mendukung pelaku UMKM di masa pandemi COVID19, WhatsApp business untuk layanan pelanggan yang lebih cepat, Voice over LTE (VoLTE) dengan suara yang lebih jernih dan terus internetan sambil telpon serta solusi Cloud Connect, smart city, hybrid cloud dan big data bagi pelanggan korporasi.

Dukungan Indosat Ooredoo bagi masyarakat dalam menghadapi COVID19 juga tercermin dari beberapa program seperti dukungan survey untuk UN Women, Paket Data untuk Madrasah, Kompetisi Madrasah Young Research (MYRes), API Gift Data untuk mempercepat penyaluran kuota bantuan Program PJJ, dan lain-lain.

Penghargaan baik lokal maupun internasional juga turut diraih Indosat Ooredoo seperti Stevie International Business Award, Frost & Sullivan Award, K3 Award 2020, Asia Responsible Enterprise Award, HR Asia Award, ALB Indonesia Law Award, dan Corporate Sustainability Index. (Icha)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.