Karyawan XL Axiata Wakafkan Pembangkit Listrik dan Masjid

Karyawan XL Axiata

Telko.id – Karyawan XL Axiata melalui Majlis Ta’lim (MTXL) telah merampungkan pembangunan sebuah Balai Energi atau pembangkit listrik di Sanggau, Kalimantan Barat. Wakil Bupati Sanggau, Yohannes Ontot, M.Si bersama Amir MTXL, Nashrul Hendarsyah meresmikan fasilitas tersebut pada Sabtu (19/12).

Turut hadir di acara ini antara lain Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kab. Sanggau, Drs. Alisius, Kepala Desa Nanga Biang, Muardi, Kepala Dusun Sebongkup, Abo Viktor, dan Komisioner Baznas Kab. Sanggau, Indra.

“Wakaf balai energi listrik di pelosok Kalbar ini merupakan salah satu program sosial karyawan XL Axiata melalui Program “Employee Berbagi – Bersama Bangun Negeri”. Pembangkit listrik ini memanfaatkan tenaga matahari. Daya listrik yang dihasilkan sekitar 30 ribu watt per hari yang kemudian dialirkan ke rumah-rumah warga. Pembangunan yang telah rampung pengerjaannya dilakukan kurang lebih dua bulan yang dimulai pada pertengahan Oktober 2020 lalu,” ungkap Francky Rinaldo Pakpahan, Group Head XL Axiata Regional Jabodetabek & Kalimantan.

Balai energi tersebut berlokasi di Dusun Sebongkup, Desa Nanga Biang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Di dusun ini tinggal 144 KK dengan sekitar 600 jiwa. Dengan adanya pembangkit listrik ini, kini warga setempat bisa memanfaatkan listrik untuk mendukung berbagai aktivitas dan kebutuhan sehari-hari, termasuk kegiatan produktif yang dapat mendorong peningkatan sektor perekonomian, pendidikan, dan juga kesehatan..

Pada pembangunan balai energi ini, Karyawan XL Axiata melalui MTXL bekerjasama dengan Yayasan Wakaf Energi Nusantara. Peletakkan batu pertama proyek ini dilakukan pada hari Sabtu, 10 Oktober 2020. Alokasi dana pembangunan balai energi ini hampir mencapai Rp 500 juta yang  berasal dari donasi karyawan, wakaf manajemen, dan donasi pelanggan melalui program SMS Donasi.

Kepala Dusun Sebongkup, Abo Viktor mengatakan, “Saya mewakili warag dusun Sebongkup mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para donator, PT XL Axiata melalui wakaf Yayasan MTXL dan Yayasan Wakaf Energi Nusantara atas pendirian Balai Energi Listrik yang telah dilaksanakan.

Selama berjalannya pembangunan, warga dusun juga turut membantu proses pembangunan dan juga ikut membersihkan lingkungan melalui kegiatan kerja bakti hingga menjelang kegiatan peresmian.”

Yayasan Wakaf Energi Nusantara ini memiliki Program Berbagi Listrik yang membagikan perangkat listrik berbasis renewable energy secara gratis ke desa-desa. Program ini kemudian dipadukan dengan program pemberdayaan ekonomi dengan cara mendirikan balai energi sebagai sentra produksi produk-produk lokal di wilayah implementasi program.

Hingga saat ini wilayah pengembangannya meliputi di provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Maluku Tengah.

Pembangunan Masjid di Magetan

Di Magetan, Jawa Timur, Karyawan XL Axiata melalui MTXL juga menginisiasi pembangunan Masjid Sadiah binti Hadad Gandadiwirja yang berlokasi di Dusun Claket, Desa Bulugunung, KecamatanPlaosan. Peletakan batu pertama proyek pembangunan wakaf masjid ini dilakukan pertengan Desember lalu, dan diharapkan akan rampung sekitar bulan Mei 2021. Sebagai pelaksana pembangunan adalah Yayasan Rumah Zakat Indonesia

Pembangunan wakaf masjid ini membutuhkan dana sekitar Rp 1,2 milyar. Dananya bersumber dari Dana Wakaf Management, Karyawan dan pelanggan setia XL Axiata serta program tanggung jawab sosial perusahaan XL Axiata.

Masjid ini nanti akan dibangun 2 lantai dan memiliki luas 240 meter persegi, yang bisa menampung jamaah sebanyak 120orang. Selain bangunan untuk sholat berjamaah, juga akan ada beberapa ruangan untuk pengurus masjid, juga tempat serba guna untuk melaksanakan aktivitas sosial seperti mengaji dan pertemuan. Luas lahan tempat berdiri masjid ini sebesar 500 meter persegi. (Icha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.