Categories: TREND&TECHNOLOGY
| On 3 months ago

Iseng Saat Nonton Film Toy Story, Akun Instagram Gadis Ini Diblokir

Telko.id, Jakarta – Meski sudah tahu ada larangan mengambil foto atau merekam video saat nonton film di bioskop, namun masih saja banyak orang yang nekat melakukannya. Seperti seorang gadis di Malaysia yang merekam film Toy Story 4 dan mempostingnya di story Instagram. Akibatnya, akun Instagram gadis itupun diblokir.

Merekam video saat nonton film di bioskop adalah perbuatan ilegal. Apalagi memposting film hasil rekaman itu secara online di media sosial seperti Instagram atau Facebook, akan bisa mendatangkan masalah yang serius.

Namun, tetap saja, banyak orang yang nekat merekam gambar di layar bioskop hanya untuk membuat story di Instagram. Banyak yang berpikir bahwa dengan merekam klip sekitar lima detik tidak akan bermasalah. Padahal pendapat itu salah.

{Baca juga: 10 Situs Download Drama Korea Subtitle Indonesia Terlengkap 2019}

Contohnya seperti yang dialami seorang gadis asal Malaysia yang mengisahkan pengalamannya dalam story Instagram-nya. Pemilik akun yying822 yang memiliki pengikut sekitar 2.000 orang ini merekam beberapa detik film Toy Story 4 yang ia tonton di bioskop dan kemudian diposting di story Instagram miliknya.

Hari berikutnya, sehari setelah menonton film itu, Ying terkejut karena tidak bisa membuka akun Instagram-nya sendiri. Dia mendapat email yang isinya memberitahukan bahwa akunnya diblokir sementara, selama tiga hari karena memposting materi berhak cipta di Instagram-nya.

Dia kemudian membagikan kisahnya di akun Facebook-nya. Ia menceritakan kisah yang dia alami kepada teman-temannya dan memperingatkan mereka agar tidak melakukan kesalahan yang sama seperti yang dia lakukan.

“Akun Instagram saya diblokir oleh Instagram. Saya ingin mengambil pengalaman ini untuk memperingatkan teman-teman lain agar tidak mengikuti apa yang saya lakukan, dengan penuh semangat merekam Insta Story sambil menonton film di bioskop,” tulisnya.

“Jika tidak, kamu akan diblokir. Saya cukup terpana karena saya hanya merekam Toy Story selama beberapa detik, tetapi saya mendapat email di pagi hari yang mengatakan bahwa saya melanggar hak cipta Disney. Saya ingin membenturkan kepala saya di dinding … ” tambahnya.

{Baca juga: Nonton Film Gratis dengan 4 Aplikasi ini, Dosa Tanggung Sendiri!}

Postingan Ying di Instagram kini telah dihapus karena Digital Millennium Copyright Act (DMCA) melindungi film dari “pelanggaran hak cipta”.

Kejadian ini bisa menjadi perhatian buat kita semua. Jangan pernah Anda coba-coba merekam film saat berada di dalam bioskop, karena DMCA menangani pelanggaran hak cipta dengan serius! Anda mungkin tidak ingin mendapat masalah seperti Ying. Lebih baik aman daripada menyesal! [BA/HBS]

Sumber: World of Buzz