iPad Air Hadir Andalkan Chipset A14 Bionic dan iPadOS 14

iPad Air

Telko.id- Apple baru saja mengumumkan beberapa produk baru. Salah satunya adalah iPad Air. Selain itu ada iPad Generasi 8, Apple Watch Series 6, dan Apple Watch SE. iPhone 12 yang rencana nya juga akan diluncurkan, batal! Padahal, produk ini yang hot dibicarakan. Walau demikian, iPad Air juga menarik karena banyak hal baru yang ditawarkan oleh produk ini.

Yang paling terlihat adalah desain nya yang membawa layar dengan luas 10.9-inch Liquid Retina, kamera 12 MP dan Touch ID sensor generasi baru. Plus, tentu saja chipset A14 Bionic yang rencananya juga akan diimplementasikan pada iPhone 12. Semua itu yang membuat iPad Air lebih power full dengan harga yang bahkan lebih terjangkau. Mari kita bedah satu per satu.

iPad Air

Display

iPad Air ini baru memiliki layar yang sedikit lebih besar daripada model tahun lalu, dengan kecepatan refresh 120Hz yang tersedia di iPad Pro. Ini adalah layar retina cair dengan luas 10,9 inci yang mampu menampilkan 3,8 juta piksel dan teknologi canggih, termasuk laminasi penuh, dukungan P3 wide color, True Tone, dan lapisan anti-reflektif tetapi dengan bezel yang dipangkas. Semua nya membuat pengalaman visual pengguna akan berbeda.

Lalu, ada nya sensor Touch ID generasi baru memberikan cara cepat, mudah, dan aman saat akan membuka kunci iPad Air, termasuk untuk akses ke aplikasi, atau menggunakan Apple Pay yang digunakan pengguna.

iPad Air ini pun kompatibel dengan Magic Keyboard dan desain apung, serta trackpad internal, Smart Keyboard Folio, dan penutup Smart Folio baru, serta Apple Pencil, yang menempel secara magnetis ke samping untuk memudahkan pemasangan, pengisian daya, dan penyimpanan.

Chipset A14 Bionic

Chipset A14 Bionic yang ditanamkan pada iPad Air akan memberikan peningkatan performa yang luar biasa. Seperti untuk mengedit video 4K, membuat karya seni yang indah, memainkan game yang imersif, dan banyak lagi. Apalagi dengan dukungan teknologi proses 5-nanometer, A14 Bionic ini dikemas dengan 11,8 miliar transistor untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi daya di hampir setiap bagian chip.

Chip seri A generasi terbaru ini memiliki fitur desain 6-inti baru untuk peningkatan 40 persen dalam kinerja CPU, dan arsitektur grafis 4-inti baru untuk peningkatan 30 persen dalam grafik. Lalu, untuk menghadirkan kemampuan pembelajaran mesin yang luar biasa, A14 Bionic dengan 16-core Neural Engine baru menjadi dua kali lebih cepat, dan mampu melakukan hingga 11 triliun operasi per detik.

A14 Bionic juga menyertakan akselerator pembelajaran mesin generasi kedua di CPU untuk penghitungan pembelajaran mesin 10 kali lebih cepat. Kombinasi Neural Engine baru, akselerator pembelajaran mesin CPU, dan GPU berperforma tinggi ini memungkinkan pengalaman hebat di perangkat untuk pengenalan gambar, pembelajaran bahasa alami, analisis gerakan, dan banyak lagi.

Kamera

iPad Air sudah dilengkapi kamera depan 7MP dengan FaceTime HD dan kamera belakang 12MP yang sama dengan yang digunakan di iPad Pro untuk foto dengan resolusi lebih tinggi dan pengambilan video 4K.
iPadOS 14Operating sistem iPadOS 14 ini termasuk yang baru diperkenalkan oleh Apple. Ini yang membuat tablet ini memiliki kemampuan unik, seperti layar Multi-Touch yang besar, dan aksesori serbaguna. iPadOS 14 lebih jauh mengintegrasikan Apple Pencil ke dalam pengalaman iPad untuk kemampuan membuat catatan yang lebih baik, dan cara baru untuk bekerja dengan catatan tulisan tangan.
Rencananya, iPad Air ini akan tersedia mulai bulan depan di apple.com dan di aplikasi Apple Store di 30 negara dan wilayah, termasuk AS. Untuk model Wi-Fi, iPad Air akan tersedia dengan harga mulai dari $ 599 (AS) dan model Wi-Fi + Seluler mulai dari $ 729 (AS). iPad Air baru, dalam konfigurasi 64GB dan 256GB, akan tersedia dalam lima warna cantik yakni Space Grey, Silver, Rose Gold, dan Green, Sky Blue.
iPad Generasi 8

Namun, jika anda menginginkan iPad dengan harga yang lebih terjangkau, iPad Air Generasi ke-8 baru yang baru diumumkan hari ini adalah sebuah pilihan.

iPad Gen 8 dilengkapi chip Apple A12 Bionic yang menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan A10 Fusion pada model tahun lalu.

Desainnya pun tidak banyak mengalami perubahan sama sekali. Jika anda terbiasa dengan bezel tebal dan ToucID tetap dalam posisi yang biasanya.

Sama seperti iPad Air, ini juga akan menjalankan iPadOS 14 baru yang menghadirkan fitur-fitur baru yang membuat penggunaan tablet menjadi mudah. Hanya saja, Apple Pencil yang ada adalah generasi pertama yang mengenali tulisan tangan Anda.

Bagi para gamers, Chipset A12 memungkinkan anda memainkan game dari Apple Arkade tanpa hambatan. Agar kontrol semakin baik, anda dapat memasangkan pengontrol Xbox atau PS4 ke dalamnya.

iPad generasi 8 ini memiliki layar dengan luas 10,2 inci dan resolusi 2160 x 1620 pixel, penyimpanan 32GB atau 128GB, kamera belakang 8MP, dan kamera FaceTime 1,2MP. Apple mengatakan baterai 32,4 watt-jam dapat bertahan hingga 10 jam untuk berselancar web menggunakan Wi-Fi.

iPad Gen ke-8 ini akan tersedia untuk pre-order mulai hari ini dan akan mulai dijual pada hari Jumat. Harganya $ 329 untuk versi Wi-Fi 32GB dan $ 459 untuk versi LTE.

Model 128GB adalah $ 429 untuk versi Wi-Fi dan $ 559 untuk versi LTE. Tablet ini tersedia dalam warna Space Grey, Silver, dan Gold. (Bagus/Icha)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.