Telko.id – Baru saja, Opensignal mengumumkan hasil surveinya yang bertajuk Mobile Network Experience. Di mana, survei tersebut diperoleh dari 1,854,821 perangkat, dengan 3,329,229,984 pengukuran dan data tersebut dikumpulkan dari periode 1 Agustus hingga 29 Oktober 2019 lalu. Bahkan untuk mendapatkan data-data ini, Opensignal terjun ke 24 kota terbesar di Indonesia untuk melihat cara performa operator di lingkungan perkotaan.

Hasilnya,Telkomsel mendominasi penghargaan yang dikeluarkan oleh organisasi tersebut. Bahkan ditemukan beberapa peningkatan yang mengesankan.

Telkomsel sendiri memenangkan enam penghargaan termasuk penghargaan Jangkauan 4G baru serta penghargaan Pengalaman Aplikasi Suara (Voice App Experience) kami. Sementara Smartfren hanya mendapatkan satu penghargaan yaitu Ketersediaan 4G.

Dalam hasil survei tersebut, Opensignal pun menyatakan bahwa Indonesia mengalami sejumlah peningkatan besar dalam aspek kecepatan. Di mana, Telkomsel mampu mempertahankan penghargaan yang diperolehnya dalam kategori Kecepatan Unduhan dan Kecepatan Unggahan, dengan skor yang jauh melampaui para pesaingnya.

Skor unggahan operator tersebut melompat sebesar 46% — kenaikan terbesar pada metrik ini — sedangkan kecepatan unduhan para penggunanya adalah hingga 23%. Akan tetapi, kenaikan tersebut bukanlah kenaikan terbesar dalam hal Pengalaman Kecepatan Unduhan sebab Skor Indosat melompat hampir 37%, sedangkan kecepatan pengguna 3 melaju hingga lebih dari 26%. Dan kita melihat peningkatan kecepatan pada kedua metrik tersebut untuk pengguna di kelima operator.

Hasil survei ini juga memperlihatkan pertumbuhan yang mengesankan terkait ketersediaan jaringan 4G di Indonesia. Di mana, Smartfren sekali lagi menenangkan penghargaan 4G, dengan skor yang sangat luar bisa yakni 96,4%. Meski begitu, para pengguna Opensignal di kelima operator Indonesia tersebut melihat skor kelima operator tersebut naik, dan negara Indonesia saat ini berbangga atas Ketersediaan 4G setidaknya sebesar 86% di seluruh jaringan, dengan Smartfren dan 3 mempunyai skor lebih dari 90%.

Sumber: Opensignal – Performa Operator Indonesia versi Opensignal

Opensignal pun memberikan penghargaan pertama nya untuk kategori Pengalaman Aplikasi Suara di Indonesia. Yang memperoleh skor tertinggi adalah Telkomsel. Operator ini, mencetak skor masih lebih dari 77 (dari 100) dalam Pengalaman Aplikasi Suara, yang memberinya peringkat Berterima, artinya, para pengguna umumnya dapat memahami suara panggilan telepon tanpa mengulang-ulang. Akan tetapi, keempat operator lainnya berada di peringkat Buruk kami, artinya, panggilan telepon kerap dirusak oleh gangguan pada suara, bunyi klik, atau volume yang kecil.

Baca juga: Riset 2019: Ini Dia Operator dengan Koneksi Internet Tercepat

Untuk katagori mengelola Pengalaman Video Seluler yang Baik, lagi-lagi Telkomsel mampu mempertahankan penghargaan nya untuk kategori Pengalaman Video, dengan kenaikan 4,5 poin pada skornya yang membuatnya masuk ke dalam peringkat Baik.

Indosat mengalami lompatan terbesar hampir 7 poin yang memasukkannya ke dalam peringkat Sedang, bersama-sama dengan 3 dan XL. Akan tetapi, Smartfren tidak mengalami peningkatan, artinya, para penggunanya masih mengalami Pengalaman Video yang Buruk.

Analisis Regional

Dalam pandangan regional, Opensignal menganalisis pengalaman jaringan seluler pengguna di 24 kota di seluruh Indonesia. Hasil secara nasional digaungkan di tingkat regional, karena satu operator tetap bersinar di antara mayoritas kategori penghargaan.

Telkomsel memenangkan penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduhan sekaligus di setiap kota, kecuali Balikpapan dan Kota Cirebon, karena di kedua kota tersebut Telkomsel berbagi urutan pertama dengan Smartfren dan XL secara berurutan. Operator tersebut berada di urutan puncak di Pekanbaru, tempat para pengguna Opensignal di jaringannya mengalami kecepatan unduhan tercepat yakni rata-rata 17,8 Mbps, memecahkan skor tertingginya sendiri dari laporan terakhir.

Telkomsel juga mendominasi kategori Kecepatan Unggahan regional dengan memenangkan penghargaan sekaligus di 19 kota masing-masing, dan mengukir urutan pertama bersama dengan Indosat di Surabaya. Kecepatan Unggahan terbesar dirasakan oleh pengguna kami di jaringan Telkomsel di Denpasar — rata-rata sebesar 9.9 Mbps. XL memenangkan penghargaan sekaligus di 4 kota tersisa — Batam, Kota Cirebon, Makassar dan Manado.

Dengan melihat Pengalaman Latency, skor Telkomsel 32.4 mili detik di Pekanbaru merupakan skor tercepat di seluruh 24 kota pada kategori ini. Operator tersebut memenangkan penghargaan secara terpisah di 21 kota, sementara 3 merupakan satu-satunya operator lainnya yang memenangkan penghargaan pada kategori ini, di Banjarmasin dan dengan Telkomsel di Balikpakan dan Cirebon.

Sampai ke metrik unik Opensignal — Pengalaman Aplikasi Video dan Suara. Para pengguna kami menikmati Pengalaman Video terbaik di jaringan Telkomsel di Pekanbaru, karena operator tersebut yang mempunyai skor 66,9 poin dalam mengumpulkan peringkat Sangat Baik. Telkomsel meraih kemenangan dengan memenangkan penghargaan di 20 kota, dan mengukir urutan pertama dengan XL di empat kota selanjutnya yakni Batam, Cimahi, Kota Cirebon, dan Kota Yogyakarta. Secara umum, di seluruh 24 kota, skor untuk Telkomsel berkisar dari Peringkat Baik hingga Sangat Baik.

Telkomsel menang tipis pada kategori Pengalaman Aplikasi Suara , tetapi Telkomsel memimpin hasil regional dengan meraih kemenangan di tiap satu kota dari seluruh 24 kota tersebut — secara terpisah di 19 kota dan berbagi urutan pertama dengan XL di Cimahi dan Kota Cirebon, serta dengan Indosat di Pekanbaru dan Kota Yogyakarta.

Para pengguna jaringan Telkomsel kami di Balikpapan merasakan Pengalaman Aplikasi Suara terbaik di seluruh Indonesia: skor 82 poin operator tersebut mencapai peringkat Baik, artinya secara rata-rata, para pengguna kami di jaringan ini puas dan mengalami sangat sedikit kualitas yang buruk, sekali-sekali disertai dengan bunyi klik atau gangguan.

Pada kategori Ketersediaan 4G, Smartfren mendominasi klien kami di setiap lokasi tersebut. Para pengguna kami di jaringan Smartfren yang tersambung ke layanan 4G paling sedikit 96% sepanjang waktu di 24 kota, termasuk Cilegon, kota tempat Smartfren tersebut terikat bersama 3 di urutan pertama. (Icha)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.