Inggris Memutuskan Tetap Gelar 5G Gunakan Teknologi Huawei

Telko.id – Walaupun berada ditengah-tengah tekanan dari Amerika untuk membatasi penggunaan teknologi Huawei, pemerintah Inggris akhirnya memutuskan akan membuka kesempatan kepada Huawei untuk melanjutkan roll-out 5G di negara nya.

Pemerintah Inggris mengatakan Huawei akan diberikan izin untuk membangun noncritical part dari jaringan 5G negara itu. Bahkan Dewan Keamanan Nasional Inggris menyimpulkan bahwa risiko keamanan yang disajikan perusahaan Cina dapat dikelola. Yang sebenarnya oleh para pejabat Huawei berulang kali dibantah bahwa peralatannya dapat digunakan oleh negara China untuk memata-matai negara atau melumpuhkan infrastruktur utama.

“Tidak ada dalam ulasan ini yang memengaruhi kemampuan negara ini untuk berbagi data intelijen yang sangat sensitif melalui jaringan yang sangat aman, baik di Inggris, dan dengan mitra kami,” kata Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab, seperti dikutip dari media Inggris.

Keputusan ini merupakan kemunduran besar bagi upaya pimpinan Amerika untuk menekan penggunaan produk Huawei, dan bisa memberanikan negara lain untuk mengikuti jejak Inggris. Jerman diperkirakan akan membuat keputusan apakah akan mengizinkan Huawei membangun bagian dari jaringan 5G sendiri tahun ini. Kanada juga masih memutuskan apakah akan memblokir pembuat peralatan.

Bagi Huawei, tentu putusan dari pemerintah Inggris tersebut disambut baik. Victor Zhang, Vice-President, Huaweiseperti yang disampaikan dalam pernyataan tertulisnya yang dikirimkan pada redaksi Telko.id.

“Huawei menerima konfirmasi dari pemerintah Inggris yang telah membuka kembali kesempatan kepada kami untuk melanjutkan kerja sama yang telah terbangun bersama dengan pelanggan- pelanggan dalam menuntaskan roll-out5G. Keputusan ini diharapkan akan memacu pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang kian canggih, aman, dan murah di masa depan. Keputusan ini juga diharapkan mendorong dihadirkannya teknologi kelas dunia bagi Inggris, sekaligus sebagai jaminan untuk menciptakan market teknologi yang kompetitif”, ungkap Victor.

Victor juga menambahkan bahwa Huawei, sudah lebih dari 15 tahun konsisten dalam menghadirkan teknologi-teknologi mutakhir bagi operator-operator telekomunikasi di Inggris. “Berpijak pada rekam jejak kami di dunia teknologi, kami berkomitmen untuk terus mendukung pelanggan-pelanggan yang telah mempercayakan investasi mereka dalam membangun jaringan 5G, sehingga dapat turut memacu tumbuhnya perekonomian negara dalam upaya mereka untuk memenangkan persaingan global,” ungkap nya menambahkan.

Huawei pun sepakat, makin beragamnya vendor dalam atmosfer kompetisi yang adil menjadi fondasi penting bagi tumbuhnya inovasi dan terbangunnya jaringan yang andal. Hal ini sekaligus menjamin pelanggan mendapatkan akses yang luas untuk menikmati suguhan teknologi terbaik. (Icha)

Leave a Comment