Pictured, left to right, at a signing ceremony in Jakarta, Indonesia: Mr. Timotius Sulaeman, PT. Dian Semesta Sentosa; Mr. Adi Rahman Adiwoso, PT. PSN; Mr. Erry Riana Hardjapamekas, PT. PSN; Mr. Rudiantara, Minister of Communication & Information Technology; Mr. Ramesh Ramaswamy, Hughes; Mr. Vaibhav Magow, Hughes; Mr. Arif Medianto, PT. Pintar Nusantara Sejahtera; and Mr. Adi Widjonarko, PT. Nusantara Satelit Sejahtera.

Telko.id – Untuk mendistribusikan akses internet di darat dari satelit dibutuhkan sebuah sistem konektivitas terestrial yang tepat agar target pemerintah menghilangkan kesenjangan digital di Indonesia. Hughes JUPITER System pun dipilih untuk Memberdayakan Satelit High Throughput Satelit Multifunction 150Gbps yang akan dibangun dan dioperasikan oleh kemitraan publik-swasta antara pemerintah Indonesia dan Konsorsium PSN yang dipimpin oleh PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN).

Yang disediakan oleh Hughes adalah sistem dasar untuk memungkinkan konektivitas satelit broadband di seluruh negara pulau.

“Sebagai perusahaan satelit nasional, PSN sangat bangga dan berterima kasih atas kepercayaan penuh yang diberikan kepada kami untuk menyediakan infrastruktur utama bagi perkembangan Indonesia, dan kami berharap jaringan ini akan membuat Internet dapat diakses oleh semua orang Indonesia di mana pun mereka berada di Kepulauan Indonesia,” kata Adi Rahman Adiwoso, chief executive officer di PSN, berbicara atas nama Konsorsium PSN dalam pernyataan tertulisnya.

Adiwoso juga menambahkan “Sebagai pelanggan Hughes selama bertahun-tahun, kami tahu secara langsung kemampuan Sistem JUPITER dan itu adalah solusi yang tepat untuk proyek penting nasional ini.”

“Sangatlah mustahil untuk menyediakan konektivitas terestrial di seluruh Indonesia dengan ribuan pulau ini,” kata Ramesh Ramaswamy, wakil presiden senior dan manajer umum, Divisi Internasional di Hughes.

“Itu sebabnya, satelit multifungsi yang beroperasi dengan Sistem Hughes JUPITER akan mempercepat penutupan kesenjangan digital untuk seluruh Indonesia, dan kami bangga menjadi bagian dari upaya penting ini dengan pelanggan lama kami PSN dan mitra mereka di Konsorsium PSN,” sahut Ramesh menambahkan.

Sistem Jupiter ini akan beroperasi untuk mendukung satelit HTS Nusantara Satu atau PSN VI. Dengan menggunakan standar industri DVB-S2X yang canggih, Sistem JUPITER menjadi platform pilihan operator di seluruh dunia karena mampu memberikan kapasitas dan efisiensi tinggi untuk setiap implementasi broadband satelit.

Beberapa terminal akan dengan mudah dikonfigurasikan untuk melayani semua pelanggan. Baik masyarakat luas, perusahaan dan pemerintah. Dan, gateway Sistem JUPITER ini dapat ditingkatkan kemampuannya menjadi multi-Gbps sebagai generasi berikutnya dari sebuah satelit Multifungsi setelah sistem HTS. (Icha)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.