Telset

Telko.id, Jakarta – Banyak orang membayangkan bahwa suatu saat para ilmuwan dan peneliti berhasil menemukan obat untuk penderita HIV. Kabar baiknya, sejauh ini ada beberapa temuan yang menjanjikan bisa menyembuhkan penyakit mematikan itu.

Riset ini dilakukan oleh para peneliti di Johnson & Johnson. Seperti dilansir Ubergizmo, para ilmuMiwan kabarnya siap untuk menguji temuan yang berpotensi menjadi vaksin mujarab untuk virus HIV.

Dikutip Telko.id, Minggu (14/7/2019), vaksin baru yang bakal mereka uji adalah mosaik tetravalen dan terdiri atas empat komponen. Komponen-komponen itu dirancang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

{Baca juga: Mirip Flashdisk, Ternyata Alat Ini untuk Deteksi HIV}

Komponen tersebut juga diciptakan untuk melawan untaian virus yang berbeda-beda. Selama fase pengujian yang dilakukan terhadap hewan, ditemukan fakta bahwa dua pertiga dari tes dinyatakan cukup berhasil.

Sampai akhir tahun ini, pengujian serupa akan melibatkan sampel manusia. Jumlahnya mencapai 3.800 pria. Mereka merupakan warga dari berbagai wilayah, termasuk Eropa, Amerika Selatan, dan Amerika Utara.

Peserta penelitian bakal menerima enam suntikan vaksin selama empat sesi. Jika tak ada kendala, hasil pengujian bakal keluar pada 2023. Beberapa pihak meyakini, vaksin tersebut akan menjadi temuan spektakuler.

{Baca juga: Teknologi VR Bantu Ilmuwan Deteksi Sel Penyakit}

Berdasarkan data UNAIDS, 36,9 juta masyarakat hidup bersama HIV dan AIDS pada 2017. Dari total penderita, 1,8 juta di antaranya adalah anak-anak berusia di bawah 15 tahun. Selebihnya adalah orang dewasa. [SN/HBS]

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.