Categories: OTTTREND&TECHNOLOGY
| On 1 month ago

Hadapi Kecurang Di eSport?  Ini Dia Solusinya!

Telko.id – tindak kecurangan selalu saja ada dalam sebuah turnamen. Pada eSport pun ada. Kaspersky pun keluarkan jurus untuk melawan kecurangan di eSport. Targetnya untuk melindungi permainan yang adil dalam eSports.

Solusi yang disediakan oleh Kaspersky ini adalah sebuah Anti-Cheat berbasis cloud versi beta ini mampu deteksi real-time cheatdan secara otomatis membagikan laporan kepada pelanggan yang kemudian dapat bertindakdisipliner kepada si pelanggar aturan. Pengumuman dan presentasi solusi ini berlangsung di The StarLadder Berlin Major 2019 pada 7 September 2019.

Dari semua para gamer online, hanya 12% saja yang kabarnya tidak pernah mengalami tindakan kecurangan dari pemain lain saat bermain secara multi-player. Hal itu diperkuat dengan hasil Survei Gaming Global Irdeto terbaru yang mengungkapkan, satu dari tiga gamer telah mengakumelakukan kecurangan.

Para pelanggar aturan inimemiliki potensi untuk menunda pemain yang profesional untuk berpartisipasi dalam kompetisi, dan dapat memengaruhi hubungan dalam komunitas game. Selain itu, kecurangandapat memengaruhi popularitas dan reputasi turnamen, yang pada akhirnya mengurangi pendapatan atau jumlah perspektif kemitraan bagi penyelenggara.

Untuk meminimalkan kemungkinan perlakukan tidak adil dalam kompetisi eSports online, Kaspersky telah meluncurkan sistem Anti-Cheat, yang dapat dengan mudah diintegrasikan melalui API platform eSports, diluncurkan kepada para pemain dan digunakan untuk memastikan permainan yang adil selama tahap online dari sebuah Turnamen yangsangat sulit untuk dipantau kecurangannya.

Dengan solusi ini, untuk berpartisipasi dalam kompetisi online, para pemain harus menginstal klien Anti-Cheat yang didistribusikan oleh platform. Setelah dipasang padakomputer pemain, informasi mengenaiproses permainan dikumpulkan, kemudian dikirimkanke cloud Kaspersky Anti-Cheat danselanjutnyadianalisis untuk menemukan acara yang mencurigakan.

Pada saat yang sama, wasit turnamen akan menerima laporan kecurangan langsung secara real-time melalui antarmuka web. Oleh karena itu, solusi Anti-Cheat Kaspersky membuktikan teknis kecurangan tanpa mengambil tindakan apa pun pada para pemain, melainkan menyerahkan keputusan akhir kepada wasit dan penyelenggara turnamen.

Hal yang paling penting adalah, saat memastikan deteksi kecurangan, Kaspersky Anti-Cheat mengutamakan pengalaman pengguna dan tidak memengaruhi proses permainanatau membebani lalu lintas yang berlebihan.

Permainan yang adil adalah hal yang sangat berharga bagi para gamer yang berusaha menunjukkan kelas dan keterampilan mereka. Ketika permainan seperti CS:GO, PUBG atau DOTA 2 menjadi penuh dengan kecurangan, gamer yang jujur akan berhenti bermain atau bahkan menyerah untuk selamanya.

Itu sebabnya, Kaspersky melihat bahwa solusi Anti-Cheat ini akan memberikan kesempatan bagi penyelenggara turnamen untuk mempertahankan keseimbangan yang stabil dalam komunitas game dan memantau kemajuan kompetisi mereka.

”Dengan hadirnyaKaspersky Anti-Cheat, perusahaan kami membawa lebih dari 20 tahun pengalaman yang relevan dalam memerangi malware dan kejahatan siber, ke wilayah baru. Tidak sampai di situ,tahun ini kami juga akan meluncurkan Kaspersky Anti-Cheat untuk game online Multiplayer”  klaim Anton Selikhov, Product Owner Kaspersky Anti-Cheat.

Di acara tersebut, Kaspersky juga mengumumkan kesepakatan komersial pertamanya dengan StarLadder. Sebagai bagian dari kesepakatan ini, Kaspersky menyediakan layanan bagi StarLadder untuk memasok platform dengan kesempatan menciptakanturnamen yang adil dan terpantau, di mana para gamer dan audiens dapat menyaksikan akan turnamen permainanyang adil.

Alexander Chegrinez, Chief Business Development Officer di StarLadder: “Banyak pemain mungkin melakukan kecuranganuntuk mendapatkan uang, dan hadiah lainnya atau hanya untuk dapat lolos ke turnamen. Kecenderungan yang berkembang ini dapat merusak kepercayaan dalam industri eSports dan menurunkan popularitas turnamen online.

“Solusi Kaspersky Anti-Cheat memungkinkan kita untuk menggunakan pengalaman terbaik perusahaan dengan akumulasi teknologi dan wawasandi sektor gaming. Kami akan menguji solusi baru ini di turnamen kami untuk memeriksa seberapa sering para pemain melakukan perilaku tidak jujur. Kami yakin bahwa solusi ini akan membawa lebih banyak pemain ke platform StarLadder dan memfasilitasi komunitas gameyang lebih sehat.”

Solusi Kaspersky Anti-Cheat tersedia di seluruh dunia dan dirancang untuk para pengembang game dan penyelenggara turnamen eSport. (Icha)