Categories: TREND&TECHNOLOGY
April 23, 2019
| On 1 month ago

Hadapi AI, Elon Musk akan Ubah Manusia jadi Cyborg

Telko.id, Jakarta – Bos SpaceX dan Tesla, Elon Musk punya ide yang bisa dibilang gila. Ia menyatakan bahwa manusia harus terhubung dengan komputer untuk melawan hadapi AI atau Artificial Intelligence.

Lewat perusahaannya, Neuralink, ia meyakini bahwa manusia harus mengekplorasi teknologi sejenis cyborg seiring perkembangan pesat AI.

“Jika punya jutaan orang dengan link bandwidth tinggi ke ekstensi AI diri sendiri, kita akan menjadi orang-orang yang super pintar,” pungkasnya.

{Baca juga: Takut Manusia Punah, Elon Musk Ingin Ciptakan Manusia Super}

Tak sekadar bicara, Musk bahkan segera merealisasikan gagasan tersebut. Ia menyebut, teknologi itu bakal dikembangkan oleh Neuralink. Ia memastikan, perusahaannya bakal menghubungkan otak manusia dengan komputer.

Dilansir DailyMail, Musk menyampaikan ide tersebut via cuitan di akun Twitter. Ia mengemukakan bahwa inovasi Neuralink sudah pasti terealisasi dan segera hadir ke dunia. Sayang, Musk belum bersedia menjelaskan soal proyek itu secara detail.

Seperti dikutip Telko.id, Selasa (23/04/2019), Neuralink sempat menghadirkan teaser mengenai sebuah produk yang secara efektif akan menghubungkan otak manusia dengan komputer. Caranya, dengan memakai chip yang diimplan pada tengkorak manusia.

{Baca juga: Sophia, Robot Pertama yang Punya Visa Perjalanan}

November 2018, Musk menjelaskan bahwa teknologinya akan melibatkan elektroda ke antarmuka neutron dalam level mikro. Bentuknya semacam chip serta kabel-kabel kecil yang diimplan di tengkorak manusia melalui proses operasi.

“Aspirasi jangka panjang dengan Neuralink adalah untuk mencapai simbiosis dengan AI. Kami juga berhasrat mencapai semacam demokratisasi intelijensi sehingga tidak akan terus dimonopoli oleh pemerintah dan korporasi-korporasi besar,” tutur Musk. (SN/FHP)

Sumber: Dailymail