Telko.id – Akhirnya, GSMA atau asosiasi GSM mengumumkan bahwa ajang Mobile World Congress Barcelona 2020 ditunda. Hal ini disampaikan oleh John Hoffman, CEO GSMA Limited melalui website resminya pada tanggal 12 Februari lalu.

“Dengan memperhatikan lingkungan yang aman dan sehat di Barcelona dan negara tuan rumah saat ini, GSMA telah membatalkan Mobile World Congress Barcelona 2020 karena kekhawatiran global terkait wabah coronavirus, masalah perjalanan, dan keadaan lainnya, membuat GSMA tidak mungkin menyelenggarakan acara tersebut,” demikian pengumuman yang diberikan oleh John Hoffman.

Sedianya, ajang pameran teknologi skala dunia ini akan diselenggarakan pada tanggal 24-27 Februari 2020 di Barcelona, Spanyol di Fira de Barcelona Gran Via.

Keputusan tersebut tentu ada pihak-pihak yang kecewa. Namun, perhatian panitia terhadap wabah virus yang kini sedang merebak di berbagai negara tentu juga menjadi pertimbangkan. Bahkan pihak kota Barcelona sebagai tuan rumah juga menghormati dan memahami keputusan tersebut.

Pada pernyataan tersebut, John juga menyampaikan simpatinya pada mereka yang terkena dampak di Cina dan diseluruh dunia.

Padahal, tiga hari sebelumnya (09/02), John masih optimis bahwa MWC Barcelona 2020 ini masih akan tetap berjalan walaupun beberapa peserta besar memutuskan untuk tidak datang.

“GSMA tahu bahwa Coronavirus telah menyebabkan gangguan, khususnya bagi peserta pameran dan peserta dari seluruh dunia, termasuk 5-6% yang secara historis hadir dari Tiongkok. Simpati kami ditujukan kepada semua yang terpengaruh,” ungkap John.

Baca juga: Inikah Sony Xperia Terbaru yang Bakal Rilis di MWC 2019?

John juga mengucapkan terima kasih atas  tindakan pencegahan yang dilakukan oleh peserta pameran Tiongkok, terutama ZTE dan Huawei.

Coronavirus adalah virus yang telah dinyatakan darurat global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pada 12 Februari 2020, ada 45.171 kasus virus yang dikonfirmasi di seluruh dunia, menurut laporan WHO.

Baca juga : GSMA Statement on MWC Barcelona 2020 from John Hoffman, CEO GSMA Limited

Namun, pihak nya berjanji, baik GSMA dan Para Pihak Kota Tuan Rumah akan terus bekerja serentak dan mendukung satu sama lain untuk MWC Barcelona 2021 dan edisi mendatang.

Perusahaan-perusahaan berikut adalah di antara mereka yang telah mundur dari MWC 2020 sebelum pengumuman acara dibatalkan yakni Amazon, Amdocs, AT&T, BT, Cisco, Deutsche, Telekom, Ericsson, Facebook, HMD Global, Intel, LG, McAfee, MediaTek, Nokia, NTT Docomo, Nvidia, jeruk, Rakuten, Royole, Sony, Sprint, Vivo, Vodafone, Digital Barat.

Sedangkan TCL dan ZTE sebelumnya telah membatalkan konferensi pers MWC 2020 mereka, tetapi masih berencana untuk tampil di acara itu. (Icha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.