Categories: TREND&TECHNOLOGY
| On 3 months ago

Grup Chat Ini Bagikan Cara Aneh untuk Turunkan Berat Badan

Telko.id,Jakarta – Berat badan seperti telah menjadi masalah klasik di kalangan masyarakat.  Untuk mengatasinya, tak sedikit cara pun dilakukan demi menurunkan berat badan. Termasuk dengan dengan cara yang instan atau cepat, seperti diungkap sebuah grup chat di China. Tapi, apakah ini cara yang benar?

Alih-alih menurunkan berat badan dengan cara berolahraga atau makan lebih sehat, banyak orang terutama perempuan berpikir bahwa berat badan bisa turun lebih cepat jika mereka tidak membiarkan tubuh mencerna makanan sama sekali.

Baru-baru ini, terungkap bahwa di Tiongkok, ada komunitas di platform media sosial yang mengajarkan orang muntah dalam berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Termasuk diantaranya menggunakan selang plastik tipis dan panjang yang dimasukkan melalui tenggorokan untuk menyebabkan muntah.

{Baca juga: Gak Nyangka, Begini Cara Ini Efektif Tangkal Serangan Hiu}

Para ahli mengatakan, muntah terlalu sering sangat berbahaya. Sebab, asam di dalam perut secara bertahap akan merusak kerongkongan, dan bahkan dapat “mempengaruhi kesuburan”.

Hal ini yang membuar sejumlah perempuan menggunakan selang plastik untuk mengeluarkan makanan dari perut mereka. Komunitas ini memiliki tiga metode muntah. Pertama dengan cara menekan bagian belakang tenggorokan dengan tangan; kedua dengan menggunakan selang untuk memancing makanan keluar; dan yang ketiga, muntah secara alami tanpa kekuatan eksternal.

Sorang wanita berhasil menurunkan berat badannya dalam waktu delapan bulan dengan metode menggunakan selang. Gadis ini bisa menurunkan berat badannya dari 85kg menjadi 35kg.

Dia belajar bagaimana menggunakan selang untuk menarik makanan keluar dari perutnya. Tetapi ternyata metode ini menyebabkan dia kehilangan nafsu makan. Dia juga mulai menderita anoreksia dan bulimia, yang mengakibatkan banyak masalah psikologis.

Dalam kasus lain, seorang remaja berusia 14 tahun juga menderita muntah obsesif. Cara ini menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit di tubuhnya dengan gejala-gejala seperti pusing dan pembengkakan anggota badan.

Dia mengatakan bahwa dia menggunakan cara manual, yakni dengan menekan tenggorokannya dengan jari-jari untuk memaksakan muntah selama lebih dari setahun hingga metode tersebut berhenti bekerja karena dia menjadi tidak lagi peka terhadapnya. Hingga akhirnya, dia mencari bantuan dari orang-orang di grup obrolan dan belajar menggunakan selang plastik juga.

{Baca juga: Duh! Janda Kenalan Bocah di Game Mobile, Berakhir di Ranjang}

Selang berukuran sekitar 1 cm hingga 3 cm dan panjang 65 cm hingga 90 cm ini terbuat dari PVC (polivinil klorida) atau bahan silikon dan dijual pada platform e-commerce yang tidak diketahui seharga 30 hingga 38 yuan.

Menurut beberapa penjual, jumlah obrolan grup yang mereka kelola meningkat dari 256 menjadi 500 hanya dalam satu bulan. Ini menunjukkan bahwa pasar mereka tumbuh lebih besar dari hari ke hari.

Tentu saja hal itu sangat mengkhawatirkan. Sebab, ada komunitas online yang besar mendorong para remaja untuk menurunkan berat badan dengan muntah. Semoga ini tidak menyebar ke Indonesia. [BA/IF]