"Green Goblin" asal Prancis Sukses Terbang Sejauh 22 Mil

Telko.id, Jakarta – Seorang penemu asal Prancis bernama Franky Zapata terbang melintasi Selat Inggris menggunakan hoverboard bertenaga jet pada Minggu (04/08) waktu setempat. Ia sebelumnya sempat melakukannya pada bulan lalu, tapi gagal.

Seperti dikutip Telko.id dari CNET, Franky Zapata berhasil melintasi selat Dover sejauh 22 mil dalam waktu lebih dari 20 menit.

Zapata, mantan juara balap jet ski, membuat perbandingan dengan musuh bebuyutan Spiderman, Green Goblin, yang juga menerbangkan hoverboard bersenjatakan senapan di tengah kemeriahan perayaan Hari Bastille.

{Baca juga: Walah, Skuter Listrik Xiaomi Rentan Diserang Hacker}

Menurut laporan, hoverboard yang ditumpangi Zapata dapat mencapai ketinggian hampir 500 kaki dan mampu melakukan perjalanan dengan kecepatan 87 mil per jam. Ia pun mengaku mulai bisa menikmati sensasinya.

“Selama lima hingga enam kilometer terakhir, saya benar-benar menikmatinya. Apakah hari ini peristiwa bersejarah atau bukan, saya bukan orang yang bisa memutuskannya,” kata Zapata kepada para awak media.

Ssebelumnya, Zapata lepas landas di dekat Calais, Prancis, menggunakan Flyboard Air bertenaga mesin turbin. Ia terbang melintasi kanal menuju Teluk St Margaret di Dover, Inggris. Namun sial, ia terjatuh ke perairan.

{Baca juga: Upss! Jadi “Duta OnePlus 7 Pro”, Iron Man Ketahuan Pakai Huawei}

Ia terjatuh ketika mencoba mendarat di atas kapal untuk mengisi bahan bakar di tengah perjalanan. Sekadar informasi, Zapata menerima hibah USD 1,4 juta atau Rp 19,8 miliar dari pemerintah Prancis untuk membiayai pengembangan hoverboard.

Upaya itu merupakan bagian dari peringatan 110 tahun penerbangan lintas-saluran pertama. Penerbang Prancis, Louis Bleriot, melakukan penerbangan pesawat pertama melintasi saluran pada 25 Juli 1909 silam. (SN/FHP)

Sumber: CNET

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.