Telko.id – Google punya mimpi besar untuk menghubungkan dunia melalui internet. Itu sebabnya, perusahaan ini pun membangun jaringan kabel bawah laut secara terus menerus. Proyek yang terbarunya adalah Equiano. Jaringan kabel bawah laut yang dibangun dari Portugal, Eropa sampai ke Afrika. Google mengklaim bahwa kapasitas jaringan ini 20 kali lebih besar ketimbang jaringan yang ada. Target nya, proyek ini harus selesai tahun 2021.

Kabel baru ini akan menggunakan infrastruktur canggih yang berbasis teknologi space-division multiplexing (SDM). Di mana, SDM ini akan mentransmisikan informasi di sepanjang saluran paralel.

“Equiano ini akan menjadi kabel bawah laut pertama yang menggabungkan peralihan optik pada tingkat fiber-pair, daripada pendekatan tradisional wavelength-level switching” tulis Google dalam sebuah blogpost.

Ini juga akan sangat menyederhanakan alokasi kapasitas kabel, memberi Google fleksibilitas untuk menambah dan merealokasi di lokasi yang berbeda sesuai kebutuhan.

Kabel baru, yang akan sepenuhnya didanai oleh Google, diharapkan akan beroperasi di Afrika Selatan pada tahun 2021.

Kontrak untuk membangun kabel ditandatangani dengan Alcatel Submarine Networks pada akhir tahun lalu, Q4 2018.

Menurut posting itu, antara 2016 dan 2018, Google menginvestasikan $ 47 miliar dalam belanja modal dan Equiano lebih lanjut diharapkan untuk meningkatkan kapasitas tertinggi di dunia dan jaringan internasional yang terhubung terbaik.

Kabel baru Google yang disebut “Equiano” itu, dinamai untuk Olaudah Equiano, seorang penulis kelahiran Nigeria dan abolisionis yang diperbudak sebagai anak laki-laki.

Pada fase kedua proyek, kabel akan diperpanjang ke Nigeria. Google mengatakan bahwa mereka “berharap untuk bekerja dengan mitra berlisensi untuk membawa kapasitas Equiano ke lebih banyak negara di benua Afrika”.

Selain itu, baru-baru ini, Wall Street Journal juga melaporkan rencana Facebook untuk membangun kabel data bawah laut yang akan mengelilingi Afrika. Proyek ini tampaknya bernama Simba, setelah “The Lion King”.

Meskipun Google hanya mendanai dua kabel bawah laut lainnya, Google telah bermitra dengan yang lain di lebih dari selusin proyek.

Sebagai informasi, di Afrika Selatan ini telah memiliki akses ke berbagai kabel bawah laut. Di sepanjang garis pantai Afrika timur, ada kabel Seacom yang dibangun pada 2009 dan SAT-3 / SAFE (kabel Afrika Timur Jauh) yang sudah terlebih dahulu terpasang. WACS (Sistem Kabel Afrika Barat), didukung oleh MTN, selesai pada tahun 2012. (Icha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.