Categories: TREND&TECHNOLOGY
| On 2 months ago

Facebook Uji Coba Fitur Sembunyikan Jumlah Like

Telko.id, Jakarta – Jumlah like menjadi daya tarik pengguna untuk memposting konten di media sosial seperti Facebook. Tetapi ada kabar jika perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg tersebut melakukan uji coba fitur dengan menyembunyikan jumlah like dalam sebuah postingan.

Dilansir Telko.id dari Ubergizmo pada Selasa (03/09/2019) pengujian tersebut pertama kali ditemukan oleh peneliti Jane Manchun Wong di aplikasi Facebook versi Android. Media TechCrunch mengkonfirmasi Facebook dan benar bahwa mereka sedang melakukan uji coba dan mempertimbangkan untuk melakukan pengujian kepada publik.

Apa yang dilakukan oleh Facebook nampaknya mirip dengan Instagram pada bulan April lalu. Dilansir Gizmodo, seperti dikutip Telko.id pada Sabtu (20/4/2019), Instagram sekarang sedang menguji perubahan tampilan antarmuka. Informasi sahih menyebut bahwa Instagram ingin menyembunyikan jumlah like dari audiens.

{Baca juga: Fitur Baru Facebook Hindarkan Pengguna dari Iklan “Sok Tahu”}

Kabar itu terungkap berkat pernyataan peneliti Jane Manchun Wong. Ia mengunggah sebuah tangkapan layar yang menunjukkan tidak ada orang lain yang tahu jumlah like yang diterima sebuah unggahan di akun Instagram kecuali si pemilik.

Para pengguna lain akan melihat sebuah unggahan telah diberi tanda suka. Namun demikian, mereka tidak akan mengetahui jumlah like yang diperoleh. Netizen pun antusias merespons unggahan dari Jane Manchun Wong.

Sayangnya tes di Instagram masih terbatas pada beberapa negara, di mana tidak jelas apakah itu akan diperluas dan menjadi hal yang permanen atau tidak. Wacana untuk menyembunyikan likes memang  dianggap kontroversial bagi beberapa orang.

{Baca juga: Wahai Influencer, Instagram Bakal Sembunyikan Jumlah Like}

Tetapi ada pula yang berpendapat bahwa media sosial tidak baik untuk kesehatan mental seseorang,  sehingga dengan menyembunyikan jumlah like, akhirnya akan menghentikan orang untuk membandingkan hidup mereka dengan orang lain. [NM/HBS]

Sumber: Ubergizmo