Telko.id – Ericsson sepertinya tidak main-main ketika menyebut 5G, IoT dan cloud sebagai agenda utamanya tahun ini. Hal itu dibuktikan perusahaan yang berbasis di Swedia ini dengan menjalin kemitraan global dengan Amazon Web Services (AWS). Tujuannya adalah mendorong adopsi cloud di kalangan operator.

Dilansir dari ETTech, Selasa (23/2), kerjasama yang diumumkan dalam ajang Mobile World Congress yang saat ini tengah berlangsung di Barcelona, Spanyol ini merupakan bagian dari dorongan yang lebih luas dari Ericsson untuk mengajak penyedia layanan telekomunikasi untuk mengadopsi layanan cloud ketimbang mengandalkan sepenuhnya pada pengoperasian komputer internal mereka yang membantu mereka untuk menjalankan layanan mobile yang lebih efisien.

Ericsson akan menyediakan perangkat lunak yang membantu penyedia layanan telekomunikasi untuk memanfaatkan layanan cloud Amazon sambil memungkinkan mereka untuk mengontrol data pelanggannya untuk persyaratan lokalisasi dan melestarikan enkripsi data penuh.

Selain perangkat lunak, Ericsson juga mengatakan bahwa mereka akan membentuk tim global ahli dalam menggunakan AWS Cloud. Selain itu, perusahaan juga akan membangun “cloud innovation centers,” dimana beberapa staf-nya akan datang dari Swedia, pun demikian tenaga kerjanya. Semua sistemnya, tentu saja akan dijalankan oleh Amazon Web Services.

“Kami mulai ini di Australia dalam kemitraan dengan Telstra,” kata Anders Lindblad, Kepala unit bisnis awan dan IP Ericsson seperti dikutip Total Telecom.

“Penyedia layanan telah datang kepada kami dan menanyakan bagaimana mereka dapat menggunakan platform (awan) ini… untuk meningkatkan infrastruktur mereka,” jelas Terry Wise, wakil presiden ekosistem mitra worldwide AWS.

Ia menambahkan, Ericsson adalah pasangan yang sempurna bagi AWS dalam inisiatif ini. Dan penjanjian ini akan membantu AWS dalam mempercepat pertumbuhan bisnis layanan telekomunikasi awannya.