Di Masa Depan, Update Status di Facebook Hanya Pakai Pikiran

Telko.id, JakartaFacebook menginginkan orang-orang di masa depan bisa mengetik pesan dan mengirimkannya hanya menggunakan pikiran. Raksasa media sosial ini pun berusaha mewujudkannya melalui proyek Moonshot.

Dikutip Telko.id dari CNET, Rabu (31/07/2019), Facebook bakal membiarkan orang-orang untuk tetap berinteraksi satu sama lain dalam kehidupan nyata tanpa harus menggunakan perangkat, khususnya smartphone.

“Augmented Reality (AR) punya kemampuan untuk menghubungkan orang-orang dengan dunia di sekitar secara mudah. Kehadirannya akan membantu siapapun mengakses informasi via kontak mata,” kata Facebook.

{Baca juga: Patah Hati, Pria Muda Siarkan Aksi Gantung Diri di Facebook}

Facebook kali pertama mengumumkan bahwa lab riset Building 8 menggarap teknologi yang menghubungkan komputer dengan otak manusia pada 2017. Namun, sang pemimpin proyek, Regina Dugan malah memutuskan meninggalkan perusahaan.

Padahal, Facebook ingin membuat sistem bicara diam yang dapat mengetik 100 kata per menit langsung lewat pikiran manusia. Kecepatannya lima kali lebih cepat daripada yang bisa diketik seseorang di smartphone.

Facebook tak sendiri. Neuralink, perusahaan komputer berbasis pikiran milik Elon Musk, bakal memungkinkan orang mengetik di iPhone hanya dengan memikirkan teks. Uji coba akan dilakukan pada 2020.

Dalam presentasi di Akademi Sains California, Amerika Serikat, Selasa (16/07/2019) waktu setempat, Musk menyatakan bahwa Neuralink juga punya rencana untuk menambah jumlah manusia dengan kecerdasan buatan.

{Baca juga: WhatsApp Web Tak Perlu Lagi Terhubung ke Ponsel}

Nantinya, Neuralink mengembangkan teknologi yang memungkinkan para pengguna mengetik di iPhone hanya lewat pikiran. Neuralink kini sedang mengembangkan prosesor sangat kecil sebagai penghubung.

Sensor Neuralink akan menempel di kepala manusia untuk menyampaikan informasi ke komputer mini di belakang daun telinga. Komputer itu disebut The Link. Seseorang butuh berlatih sebelum mengendalikan kursor. (SN/FHP)

Sumber: CNET

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.