Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Luna Smartphone Berteknologi Foxconn Sasar Segmen Premium

Telko.id – Strategi Foxconn untuk masuk pasar Indonesia cukup unik. Produsen Evercross yang sudah memiliki manufaktur di daerah Semarang digandeng. Alih-alih transfer teknologi smartphone Luna pun sudah bisa memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri atau TKDN yang menjadi peraturan pemerintah sebesar 30%.

“Foxconn tidak memberikan investasi pada kami dalam bentuk dana segar, melainkan alih teknologi yang sudah teruji dalam memproduksi iPhone dan brand global lainnya,” ujar Akwila Natanael, Presiden Direktur Luna smartphone menjelaskan di sela-sela peluncuran merek tersebut di Jakarta (7/10).

Positioning dari Luna ini adalah mensasar seamen highend atau premium. tampaknya juga ingin terjun ke pasar smartphone di Indonesia. Kenapa? Menurut Chief Marketing Officer Luna Indonesia, Nina Ratna Wardhani, berdasarkan data dari GFK, segmen smartphone dengan harga lebih besar dari Rp.3 juta memiliki share terbesar di Indonesia. Hampir 41.1%. Hal itulah yang membuat Luna yakin dapat diterima oleh masyarakat Indonesia.

Investasi untuk pabrik di Semarang pun cukup besar. Setidaknya, 100 sampai 200 Miliar rupiah yang disediakan untuk memproduksi Luna smartphone ini. Dengan kapasitas produksi 20 ribu unit perbulan. Walaupun ini hanya 30% saja dari total kapasitas produksi pabrik tersebut. Sisanya masih akan digunakan untuk memproduksi evercross yang masih cukup besar permintaan pasarnya.

Kerjasama ini pun tidak selamanya. Dalam perjanjian, Foxconn akan memproduksi produk di pabrik tersebut selama 5 tahun. Hanya saja. tentu dengan berjalannya waktu akan terus ada evaluasi.
Akwila pun menambahkan bahwa sangat memungkinkan produksi Luna Smartphone dari Indonesia ini di kirim ke luar negeri atau eksport. “Hanya untuk tahap awal belum akan dilakukan karena kami akan memenuhi pasar Indonesia terlebih dahulu”.

Untuk mempromosikan produk barunya ini, Luna mempersiapkan dana sekitar Rp2 Miliar untuk 3 sampai 4 bulan ke depan. Selanjutnya akan mengalokasikan dana marketing 5% dari total penjualan.
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mendukung kehadiran dari Luna ini karena dengan demikian ekosistem 4G akan lebih cepat terbentuk. Ekosistem tersebut harus dipenuhi dengan DNA yakni Device, Network dan aplikasi.

“Untuk network sedang pemerintah kerjakan yakni program Palapa Ring yang kini sudah mulai jalan. Aplikasi juga sudah berjalan. Dari device saya mau tahun 2019 mendatang smartphone 4G sudah dapat diperoleh masyarakat dengan harga Rp.400 ribu sampai Rp.600 ribu. Baru ekosistem akan terbentuk,” kata Rudiantara menjelaskan.

Luna smartphone sendiri dijual dengan harga masih cukup tinggi yakni Rp.5.5 juta. Memang dari sisi spesifikasi Luna tidak dapat dianggap enteng karena sudah menggunakan chipset premium dari Qualcomm Snapdragon 2.5Ghz MSM 8974 krait 400. Selain itu juga sudah menggunakan GPU Adreno 400, RAM 3 GB, dan memori internal 64 GB. Bila membutuhkan penyimpanan data yang lebih besar, pengguna bisa memakai microSD berkapasitas hingga 128 GB.

Untuk perakitannya sudah memakai teknologi perakitan CNC 8 tahap dan menggunakan desain bikinan Foxconn.

Smartphone Luna memiliki layar berbentang 5,5 inci (1,080×1.920) dan dilapisi Gorilla Glass 3 sebagai kaca pelindungnya.

Salah satu unggulan Luna adalah kamera utamanya yang setajam 13 megapiksel. Kamera itu masih dilengkapi fitur dual tone LED Flash, kendali kecepatan rana (shutter), dan berbagai mode pemrotetan.
Sedangkan kamera depannya setajam 8 megapiksel dengan bukaan f/1.8 dan sudut pandang selebar 80 derajat.

Luna memiliki dua slot kartu SIM ukuran micro dan sudah mendukung teknologi internet 4G. Semua spesifikasi beroperasi menggunakan daya dari baterai berkapasitas 3.000 mAh. Perangkat ini menjalankan sistem operasi Android 6.0 “Marshmallow”.

Ponsel Luna akan dijual di berbagai peritel online maupun offline, antara lain Erafone, Point2000, Pazia, Lazada, atau Blibli. (Icha)

Latest

Yuk Bisa Yuk, Produktif Lagi Setelah Liburan dengan Galaxy A55 5G

Telko.id - Setelah merayakan hari kemenangan di Hari Raya...

Telin dan Dialog Axiata, Kolaborasi Demi Keamanan Yang Lebih baik

Telko.id - Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani...

LG Gelar Better Life Festival, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Telko.id – LG gelar Better Life Festival sebagai upaya...

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan...

Rekomendasi

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini