Hands-on Samsung Galaxy M20: Smartphone Berponi Khusus Milenial

0

Telko.id – Setelah dirilis di India beberapa waktu lalu, smartphone berponi pertama Samsung, Samsung Galaxy M20 akhirnya resmi melenggang di Indonesia. Smartphone dengan desain Infinity V ini dipersiapkan Samsung sebagai pilihan alternatif bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan smartphone berdesain kekinian dengan spesifikasi lumayan, dan dilepas dengan harga yang cukup terjangkau.

Di Indonesia, harga Samsung Galaxy M20 mencapai Rp 2,7 jutaan. Samsung menyatakan, ada sejumlah fitur canggih di dalamnya yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial.

Nah, dalam tulisan kali ini, tim Telko.id akan mengulas secara singkat smartphone menengah terbaru Samsung tersebut untuk Anda lewat hands-on Samsung Galaxy M20.

{Baca juga: Hands-on Nokia 5.1 Plus: Menengah Terjangkau dengan Helio P60}

Sehingga, Anda dapat mengetahui seperti apakah Galaxy M20 dari sisi desain, spesifikasi, serta fiturnya. Yuk simak!

Desain

Foto: Helmi/Telko.id

Lewat Samsung Galaxy M20, Samsung akhirnya menegaskan kalau brand sebesar mereka pun harus mengikuti tren desain saat ini. Ya, Galaxy M20 mengadopsi desain Infinity V yang membuatnya mempunyai notch atau poni berbentuk waterdrop yang mungkin “terinspirasi” dari Oppo F9, Vivo V11 Pro, dan smartphone menengah lainnya.

Notch itu, menjadi tempat bagi kamera depan, earpiece dan sejumlah sensor lainnya. Dengan pemanfaatan desain Infinity V juga, Galaxy M20 pun memiliki bezel yang cukup tipis di tiap sisinya, yang mengelilingi layar besar berjenis PLS TFT berukuran 6,3 inci dengan resolusi Full HD+.

Foto: Helmi/Telko.id

Berkat penggunaan layar besar yang dipadu dengan desain fullscreen kekinian, Galaxy M20 pun sangat nyaman digenggam atau dioperasikan menggunakan satu tangan. Desain kekinian pun dihadirkan pula pada bagian belakangnya.

{Baca juga: Harga Samsung Galaxy M20 di Indonesia Lebih Mahal, Kok Bisa?}

Galaxy M20 punya body berbahan dasar polycarbonate yang dilapisi warna glossy tanpa embel-embel warna gradasi. Ada dua pilihan warna yang tersedia, yakni Charcoal Black dan Ocean Blue.

Foto: Helmi/Telko.id

Masih bagian belakang, terdapat frame kamera ganda yang ditempatkan secara vertikal, yang terpisah dengan LED Flash di bagian bawahnya. Frame kamera dan LED Flash tersebut diletakkan di sisi kiri body smartphone.

Terdapat juga sensor sidik jari dengan ukuran cukup besar pada bagian tengah body smartphone. Sekilas, desain body belakang smartphone ini sedikit mirip dengan Vivo V11 versi standar yang juga beredar di Indonesia.

Spesifikasi

Foto: Helmi/Telko.id

Samsung Galaxy M20 ditenagai oleh spesifikasi cukup mumpuni untuk sebuah smartphone kelas menengah. Samsung menyematkan mesin utama berupa prosesor octa-core 1.8 GHz Exynos 7904, GPU Mali G71 MP2, RAM 3 GB, ROM 32 GB, dan baterai berkapasitas 5,000 mAh.

Dapur pacu tersebut, mampu menopang seluruh proses yang berjalan di atas sistem operasi Samsung Experience 9.5 berbasis Android Oreo. Apakah smartphone ini akan mendapatkan sistem operasi terbaru Samsung, yakni One UI?

Menurut Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Irfan Rinaldi, One UI sampai saat ini hanya tersedia untuk seri flagship Samsung. Akan tetapi, smartphone menengah tersebut akan tetap mendapatkan experience khas Samsung, khususnya dalam sektor baterainya.

{Baca juga: Samsung Rilis Smartphone Infinity V Pertama di Indonesia, Galaxy M20}

Berbicara soal baterai, Samsung memang mengunggulkan sektor baterai sebagai daya tarik utama Galaxy M20. Diklaim, dengan baterai sebesar itu, Galaxy M20 bisa bertahan seharian. Seperti digunakan untuk talk time sampai 28 jam, dan untuk memutar video, dapat bertahan hingga 17 jam.

Baterai inipun telah mendukung teknologi fast charging dengan kecepatan maksimal 9V/1,67A, yang diklaim mampu mengisi baterai smartphone dari 0% sampai penuh selama 145 menit.

Sekarang membahas sisi kameranya. Samsung Galaxy M20 punya kamera ganda di bagian belakang dengan resolusi masing-masing 13 MP aperture f/1.9 dan 5 MP lensa ultra-wide.

Ada berbagai fitur yang disematkan di kamera ini, seperti Live Focus, Sticker, Mode Pro, sampai mode Beautify. Hasil kameranya juga cukup bagus untuk sekelas smartphone menengah, karena detail dan ketepatan warnanya juga cukup tajam dan berkualitas baik. Berikut hasil fotonya:

Sementara kamera depan, beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0. Ada sejumlah fitur di kamera depannya, yakni Live Focus sampai mode Sticker yang memungkinkan pengguna menempelkan berbagai stiker lucu pada foto selfienya. Berikut beberapa hasil foto menggunakan kamera depan:

Secara garis besar, Samsung Galaxy M20 memang menjadi opsi alternatif yang lebih terjangkau bagi masyarakat Indonesia yang ingin menjajal smartphone berteknologi dan fitur khas Samsung. Namun sayang, harganya ternyata jauh lebih mahal dibandingkan dengan harganya ketika dijual perdana di India, karena di sana dijual di harga Rp 2,1 jutaan. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.