Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

5 Alasan Kenapa Gaming Lancar Tak Butuh Smartphone Mahal!

Telko.id, Jakarta – Main game seperti telah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Jika bukan karena pekerjaan, benar-benar menggemarinya alias hobi, ya untuk sekedar mengisi waktu luang. Tak heran, jika kemudian berbagai perangkat yang terkait dengan game pun banyak dihadirkan oleh para smartphone vendor.

Gelombang baru smartphone gaming, yang sempat terjadi di era 2000an silam pun kembali terjadi dengan banyaknya nama besar yang menghadirkan smartphone khusus untuk gaming. Ada beberapa kesamaan diantara semuanya, meski masing-masing juga mencoba untuk membedakan dirinya dengan yang lain. Caranya? Dengan menghadirkan fitur yang unik. Pada umumnya, mereka semua lebih condong ke arah-terutama-menjadi smartphone dengan fitur tambahan untuk bermain game, daripada mencoba menjadi ponsel hybrid-50 persen smartphone, 50 persen konsol.

Tapi, apa kehadiran smartphone khusus untuk gaming berharga mahal benar-benar wajib, utamanya bagi mereka yang suka bermain game secara mobile?

Sebenarnya tidak juga. Apalagi sekarang ini, disaat para pabrikan secara terbuka menggelar perang spesifikasi. Dan dengan peningkatan RAM serta prosesor yang terjadi setiap tahunnya, kini  smartphone mainsteam sekalipun lebih dari mampu untuk menangani game yang canggih dan grafis resolusi tinggi.

Dan yang pasti tak selalu harus mahal, apalagi yang mengharuskan kita menjual ginjal untuk mendapatkannya. Ada banyak smartphone di luar sana, yang tak hanya mumpuni secara kinerja, tetapi juga terjangkau secara harga. Nah, Xiaomi Mi A2 salah satunya. Bukan saja bisa menjalankan tugasnya dengan baik sebagai smartphone, Mi A2 bahkan bisa menjadi teman bermain game yang andal. Beberapa hal berikut jadi alasannya.

1. Layar Besar

Xiaomi membekali Mi A2 dengan layar LCD berukuran 5,99 inci, lengkap dengan resolusi 2160×1080 (Full HD+) dan aspek rasio 18:9; 403PPI, 85% NTSC. Di atas kertas, ini berada di level yang sama dengan beberapa seterunya yang juga menampilkan layar Full HD. Kami pribadi menilai ini lebih dari cukup. Nyaman lah untuk  penggunaan sehari-hari. Tulisan dan gambar tampak tajam, dengan sudut pandang yang juga bagus. Ini penting, karena artinya kita bisa mendapatkan pengalaman melihat yang lebih baik, entah itu sekedar browsing, menonton video, hingga tentu saja bermain game.

Oh, satu jempol buat Xiaomi, yang memilih tidak mengikuti tren poni – setidaknya untuk seri ini. Kami jadi tidak perlu repot-repot menyingkirkannya saat sedang ingin bermain game.

2. Prosesor Mumpuni

Seperti kebanyakan pabrikan, Xiaomi juga memutuskan untuk melanjutkan perang spesifikasi di ranah smartphone. Sebagai hasilnya, tertanamlah kekuatan Snapdragon 660 dari Qualcomm (2.2GHz max, GPU Adreno 512) di badan Mi A2.

Secara garis besar, kinerja yang ditorehkan lebih dari cukup untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, ya browsing, nonton,  main game,  dan lainnya. Berdasarkan hasil pengujian kami, nyaris tak ada masalah berarti saat menggunakannya. Bahkan saat memainkan game dengan grafis tinggi sekalipun.

Kami mengujinya pertama kali dengan memainkan Asphalt 9: Legends. Secara keseluruhan, pengalaman memacu kendaraan berjalan dengan mulus. Selain itu, suhu badannya pun tak lantas melonjak naik, meski telah dimainkan selama beberapa waktu. Hal yang tak jauh berbeda berlaku kala kami memainkan PUBG. Mi A2 bisa memainkannya dengan baik. Meski tidak dalam pengaturan tertinggi. Oh, satu hal yang perlu dicatat, PUBG cukup menguras baterai. Jadi menjadi kelebihan tersendiri ketika Xiaomi membekalinya dengan baterai 3.010 mAh. Bolehlah untuk menjadi teman bermain game. Mi A2 bisa bertahan sekitar 10 jam untuk pemakaian berat.

Singkat kata, senjata memang penting saat kita ingin menjadi pemenang dalam PUBG, pun demikian dengan baju pelindung, serta alat-alat lainnya, tapi tidakkah semua itu akan berjalan lebih mulus dengan prosesor yang mumpuni?

3. RAM dan Memori Internal Besar

Saat ini, ada begitu banyak pilihan RAM di pasaran. Mulai dari RAM yang kapasitasnya 2GB, 4GB, 8GB, bahkan 32GB. Bagi para penikmat game atau gamers, RAM dengan kapasitas besar tentu saja menjadi pilihan demi mendapatkan pengalaman bermain game tanpa hambatan.

Di badan Mi A2, Xiaomi membenamkan kapasitas RAM 4GB, dengan penyimpanan internal 64GB. Secara hitung-hitungan, ini memang terbilang standar, namun lebih dari cukup untuk membawa kita menikmati game di ponsel. Bahkan PUBG sekalipun. Setidaknya, jauh dari force closed secara tiba-tiba. Sementara memori internal yang dibawanya lebih dari cukup untuk menampung banyak game, lantaran sisa memori tetap harus dibagi dengan sistem berukuran besar.

4. Android One

Berbekal Android One di badannya, Xiaomi Mi A2 tak hanya memungkinkan kita mendapatkan pengalaman Android yang “murni” karena memang berbeda dengan smartphone Android umumnya, ini juga tidak mengharuskan kita berhadapan dengan banyak bloatware atau aplikasi tambahan yang biasanya dibenamkan produsen smartphone di ponselnya. Alhasil, ponsel pun terasa lebih ringan dan lebih cepat saat dioperasikan.

Kelebihan lainnya, dan ini sebagaimana telah dijanjikan Google, ponsel Android One akan menjadi ponsel yang mendapatkan pembaruan atau update yang lebih cepat daripada smartphone Android lainnya.

Nah, karena update yang lebih cepat ini, ponsel Android One seperti Mi A2 pun lebih aman daripada smartphone Android lainnya yang harus menunggu pembaruan lebih lama. Pasalnya, pada setiap pembaruan selalu ada pembaruan dalam hal keamanan, yang akan membuat ponsel lebih aman dari serangan virus atau hacker.

5. Harga Terjangkau

Bagus tak melulu harus mahal, mungkin itu ungkapan yang tepat untuk ponsel Android One kedua yang pernah dihadirkan Xiaomi ini. Alih-alih membawa banderol harga yang mahal, Xiaomi memilih menjual Mi A2 dengan harga yang bersahabat. Sebagai imbalannya, kita tak hanya mendapatkan layar besar dengan resolusi Full HD+, tetapi juga prosesor mumpuni dan RAM/ROM besar. Selain itu, masih ada torehan Android One serta fitur-fitur pelengkap lainnya. Katakan saja kamera ganda, sensor sidik jari dan baterai yang besar. Nah, lebih dari cukup bukan untuk sekedar main game, bahkan PUBG?

Sekedar informasi, saat ini Xiaomi Mi A2 bisa diperoleh baik di Mi Store, Lazada maupun Shopee.

Latest

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development...

Rekomendasi

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini