Bug di Adobe Bikin Speaker MacBook Pro Mati Total

0

Telko.id, Jakarta – Bug atau cacat perangkat lunak mengakibatkan crash sehingga komputer harus dimatikan paksa. Jarang ada bug yang membuat kerusakan fisik dan permanen di perangkat keras komputer. Namun kali ini berbeda, karena akibat bug di Adobe bisa membuat speaker di MacBook Pro mati total.

Menurut laporan 9to5mac, seperti dikutip Telko.id pada Minggu (10/2/2019), dalam serangkaian unggahan di forum Adobe Premiere CC, sebuah bug di perangkat lunak mengakibatkan kerusakan di speaker MacBook Pro. Speaker perangkat tersebut meledak.

“Saya punya MacBook Pro 15 inci. Baru dua bulan. Ketika saya sedang menggarap sebuah proyek, volume MacBook Pro tiba-tiba terserang suara garukan sangat keras. Saya tidak bisa menghentikannya sampai speaker akhirnya mati total,” ujar seorang pengguna.

{Baca juga: MacBook Pro & iMac Pro Tak Bisa Diperbaiki Pihak Ketiga}

Pengguna lain mengungkapkan pengalaman serupa. Ia menyebut, bug itu membuat laptop seketika mengeluarkan suara keras seperti suara papan tulis disayat-sayat. Suara tersebut lantas meledakkan speaker dan mengakibatkan kerusakan permanen di perangkat.

Juru bicara Adobe menyarankan pengguna untuk memastikan mikrofon perangkat dimatikan saat menggunakan audio enhancement. Penyebab suara keras itu mungkin adalah feedback loop. Sampai kini, belum tahu rencana Adobe untuk mengatasi persoalan tersebut.

MacBook Pro tampaknya memang memiliki masalah perangkat keras baru. Laporan dari iFixit menjelaskan tentang masalah backlight di perangkat, mengakibatkan bagian bawah layar terlihat tidak rata. Seorang pengguna menamai masalah ini “Flexgate”.

{Baca juga: Pengguna Sebut MacBook Pro Punya Masalah “Flexgate”}

Masalah tersebut  tampaknya disebabkan oleh kabel yang menghubungkan layar MacBook dengan control board di bagian dasar komputer. Mulai MacBook Pro 2016, Apple menggunakan pita kabel fleksibel yang akan tertarik setiap pengguna membuka laptop. [SN/HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.