Setelah SuperVOOC, Smartphone Oppo akan Punya Wireless Charging

0

Telko.id, Jakarta – Smartphone Oppo dan OnePlus di masa mendatang kemungkinan besar akan didukung oleh teknologi Qi Wireless Charging. Sebab, baru-baru ini Oppo dilaporkan telah bergabung sebagai anggota Wireless Power Consortium.

Perlu diketahui, Wireless Power Consortium merupakan grup perusahaan yang mengembangkan dan mempromosikan teknologi Qi Wireless Charging.

Dilansir Telko.id dari Android Police, Minggu (13/01/2019), karena Oppo dan OnePlus beroperasi di bawah perusahaan induk yang sama, dan sering berbagi teknologi dan sumber daya satu sama lain, maka bisa jadi smartphone keduanya segera disematkan teknologi wireless charging dari Qi.

{Baca juga: 3 Inovasi yang Harus Dimiliki Smartphone Flagships di 2019}

Sebelum Oppo bergabung, sudah ada beberapa brand smartphone yang lebih dulu menjadi anggota di grup Wireless Power Consortium sampai sekarang, seperti Apple, Samsung, Huawei, ZTE, Panasonic, sampai Sony.

Oppo sebenarnya pernah mengajukan paten wireless charging dengan daya 15W di tahun lalu. Tapi sejauh ini, paten tersebut belum diimplementasikan dalam produk apapun.

Meski belum ada informasi soal smartphone apa yang bakal mengusung teknologi Qi Wireless Charging, tapi diprediksi, smartphone Oppo dan OnePlus pertama yang memiliki teknologi itu adalah OnePlus 7T dan suksesor dari Oppo Find X.

{Baca juga: Mengenal Teknologi Pengisian Cepat Oppo, VOOC Flash Charge}

Oppo sendiri saat ini mempunyai teknologi pengisian baterai cepat bernama VOOC Flash Charge, yang diklaim mengisi baterai 4 kali lebih cepat daripada teknologi pengisian baterai lainnya. Teknologi ini dinilai aman, dan tidak menimbulkan panas yang berlebih saat smartphone diisi baterainya.

Itu karena, VOOC Flash Charge menggunakan teknik meningkatkan arus daya, bukan meningkatkan tegangan arus daya, sehingga akan mencegah terjadinya tegangan arus daya yang tinggi.

Pada teknologi itu, terdapat juga lima lapisan proteksi keamanan yang berfungsi untuk mencegah kelebihan arus daya, ketika VOOC Flash Charge aktif. Kelimanya adalah, Adaptor Overload Protection, Rapid Charge Condition Judgement, Port Overload Protection, Battery Overload Protection, dan Battery Fuse Protection.

{Baca juga: Hands-on Oppo R17 Pro: Flagship Menarik di Awal Tahun Ini}

Selain VOOC Flash Charge, Oppo juga memiliki teknologi pengisian baterai yang jauh lebih cepat bernama SuperVOOC Flash Charge, yang disematkan pada Oppo Find X Lamborghini Edition dan Oppo R17 Pro.

SuperVOOC Flash Charge merupakan teknologi pengisian baterai dengan daya 10V/5A, dan desain baterai bi-cell (2 x 1850mAH). Oppo mengklaim, teknologi ini mampu mengisi 40% baterai dalam waktu 10 menit saja dengan aman dan tanpa kendala. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.