Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Advan Optimis Tidak Lama Lagi Bakal Geser Oppo dan Samsung

Telko.id – Advan, merupakan salah satu merek dalam negeri yang bisa bertahan di papan atas produksi smartphone. Bahkan, mampu membangun pabrik sendiri yang berlokasi di Kawasan Industri Candi, Semarang, Jawa Tengah.

Dalam kunjungan kerjanya, Chief RA, sapaan akrab Menteri Rudiantara didampingi oleh Tjandra Lianto, Marketing Director Advan, Andi Gusena, Brand Director Advan menyempatkan berbincang dengan para pekerja yang mayoritas berasal dari daerah Semarang dan Jawa Tengah. Para pekerja terampil ini sudah dibekali dengan teknik dan penguasaan teknologi berstandar global.

“Ini yang saya harapkan, perusahaan nasional memiliki komitmen untuk membangun industri di dalam negeri. Komitmen ini perlu didukung oleh segenap masyarakat tanah air. Agar smartphone buatan dalam negeri, seperti  Advan bisa menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia,” ungkap Rudiantara.

Chief RA berharap dengan  memiliki pabrik smartphone sendiri, Advan harus punya target menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Memang tidak mudah, tapi bisa dilakukan. Salah satunya kita harus membangun  ekosistem digital berbasis kearifan lokal. Kita juga harus membangun kesadaran massif  kepada masyarkat agar lebih  menghargai produk karya anak bangsa,” tegas Chief RA di sela-sela kunjungan Pabrik Smartphone Advan di Kawasan Industri  Candi, Semarang.

Dengan pabrik yang dimiliki tersebut, Tjandra Lianto mengatakan pihaknya optimis bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Saat ini, lanjut Tjandra, Advan saat ini berada di peringkat ketiga.   Laporan IDC menyebutkan bahwa Advan berada di di peringkat tiga dengan market share 7.7%.

“Progres kami sangat pesat. Sekarang posisi kami berada di posisi tiga. Dalam waku dekat, kami optimis  bisa menggeser Oppo bahkan Samsung,” ungkap Tjandra.

Kapasitas Produksi

Untuk diketahui pabrik smartphone Advan memiliki  luas area sekitar  15.000 meter persegi. Dalam waktu dekat, area tersebut akan diperluas  sekitar 3 hektar. Dengan kondisi pabrik yang ada sekarang, kapasitas produksi mencapai 30.000 unit per bulan.

Pabrik tersebut terdiri dari tiga ruang utama berupa ruang penyimpanan spare part  dan dua  ruang utama produksi. Pada ruang utama produksi terdapat 16  line dengan tugas masing-masing mulai  dari perakitan, pengetesan sampai pengemasan. Pada tahapan quality control tim R&D Advan melakukan pengujian produk secara komprehensif meliputi tes kemampuan layar, burning room, drop test dan uji daya tahan produk melalui temp & humi test mechine.

Dengan melibatkan sekitar 1000-an karyawan pabrik,  Advan telah berkontribusi secara nyata terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Penerapan alih teknologi pabrik Advan memiliki dampak yang positif terhadap peningkatan standar kompetensi karyawan ditengah era persaingan pasar bebas.

“Harapan kami, keberadaan industri mampu membuat masyarakat semakin bangga dengan Advan”, ujar Tjandra.

Lebih lanjut  Tjandra Lianto mengatakan:“Pabrik merupakan wujud kemapanan  ADVAN dalam membangun industri smartphone. Selain itu, pabrik menjadi media untuk mempermudah ADVAN dalam menghadirkan jajaran produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” ungkap  Tjandra.

Di pabrik tersebut,  ADVAN fokus memperkuat transformasi industri yang mencakup tiga  aspek utama berupa penerapan alih teknologi yang terstruktur, rekrutmen tenaga kerja yang kompeten serta proses uji produk yang secara teknologi terus ditingkatkan. Melalui penanaman modal pada industri ini, ADVAN mewujudkan komitmen mendukung kemajuan teknologi komunikasi Indonesia secara jangka panjang serta mewujudkan era kebangkitan industri smartphone dalam negeri.

Adapun nilai investasi yang ditanamkan, menurut Tjandra Lianto, kurang lebih  menghabiskan dana sekitar  Rp. 1 triliun. Dana tersebut menggunakan dana mandiri dari perusahaan. (Icha)

 

 

Latest

Yuk Bisa Yuk, Produktif Lagi Setelah Liburan dengan Galaxy A55 5G

Telko.id - Setelah merayakan hari kemenangan di Hari Raya...

Telin dan Dialog Axiata, Kolaborasi Demi Keamanan Yang Lebih baik

Telko.id - Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani...

LG Gelar Better Life Festival, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Telko.id – LG gelar Better Life Festival sebagai upaya...

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan...

Rekomendasi

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini