Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Mediatek Helio P60 Dengan AI Membuat Smartphone Kenal si Pengguna

Telko.di – Teknologi Artificial Intelligence atau AI kini memang semakin marak. Maklum saja, teknologi ini mampu mengenali berbagai kebiasaan dari si penggunanya. Itu sebabnya banyak vendor yang mengaplikasikan teknologi ini ke dalam produknya. Seperti juga dilakukan oleh Mediatek.

Produsen chipset ini pada ajang Mobile World Congress lalu juga memperkenalkan produk terbarunya tersebut yakni Mediatek P60 atau Helio P60. Platform System on Chip (SoC) yang menampilkan unit pemrosesan AI multi-core (APU mobile) dan teknologi AI NeuroPilot MediaTek. Dikawinkan dengan rangkaian prosesor Cortex A73 dan A53-nya dan menghasilkan kinerja CPU hingga 70 persen di atas Helio P23 dan Helio P30, selain peningkatan kinerja GPU 70 persen.

Produk ini diklaim juga mampu memberikan efisiensi energi hingga mampu memperpanjang umur baterai di device karena menggunakan teknologi FinFET 12nm baru.

“Teknologi inovatif kami ini mampu mengubah segalanya tentang apa yang konsumen harapkan di smartphone,” kata TL Lee, General Manager of MediaTek’s Wireless Communication business unit.

Lee menambahkan “Dengan mengemas big core power dan performace menggunakan unit pengolahan yang dirancang untuk aplikasi AI, chipset MediaTek Helio P60 ini mampu menghadirkan fitur andalan konsumen seperti deteksi wajah, identifikasi objek dan adegan dalam pembelajaran, pengalaman bermain cairan, dan fungsi kamera yang lebih cerdas. Chipset baru ini memberi setiap orang akses ke perangkat luar biasa tanpa label harga premium. ”

MediaTek Helio P60 memiliki empat prosesor Arm Cortex-A73 2.0 GHz dan empat prosesor Arm Cortex-A53 2.0 GHz dalam konfigurasi octa-core big.LITTLE configuration. SoC dibuat pada proses produksi TSMC 12nm dan merupakan rangkaian produk Helio P SoC yang paling kuat. Dibandingkan dengan seri Helio P generasi sebelumnya, Helio P23, MediaTek Helio P60 secara keseluruhan sampai 12 persen lebih efisien dan sampai 25 persen lebih hemat daya saat digunakan bermain game, sehingga konsumen dapat bermain lebih lama di perangkat mereka.

Produk ini juga dikelola menggunakan teknologi CorePilot 4.0 MediaTek, dengan manajemen termal, pemantauan pengalaman pengguna dan Energy Aware Scheduling (EAS), sehingga chipset pun dapat mengoptimalkan kinerja prosesor dan mampu merekam berbagai kegiatan pengguna pada smatphone.

SDK NeuroPilot MediaTek di P60 kompatibel dengan API Jaringan Neural Google Android (Android NNAPI), dan juga mendukung kerangka kerja AI umum, termasuk TensorFlow, TF Lite, Caffe, dan Caffe2. Itu memudahkan pengembang untuk segera menghadirkan aplikasi AI yang inovatif. Sebagai mitra Open Neural Network Exchange (ONNX), MediaTek berupaya membawa dukungan ONNX ke chipset pada Q2 2018 untuk memberi pengembang fleksibilitas yang lebih besar lagi untuk merancang aplikasi bertenaga AI.

Dibandingkan dengan seri Helio P sebelumnya, prosesor sinyal gambar Medium MediaTek Helio P60 (ISP) meningkatkan efisiensi daya dengan menggunakan daya 18 persen lebih sedikit untuk pengaturan dual-kamera. Dengan menggabungkan teknologi kamera Helio P60 yang luar biasa dengan APU Mobile yang kuat, pengguna dapat menikmati pengalaman dengan infus AI di aplikasi dengan keindahan real-time, lapisan real-time, akselerasi AR / MR, peningkatan fotografi, preview video real-time. dan banyak lagi.

MediaTek Helio P60 juga mengemas modem 4G LTE WorldMode, teknologi antena cerdas dual 4G VoLTE dan TAS 2.0 untuk memberi konsumen konektivitas global tanpa batas. Dengan keseimbangan daya dan kinerjanya yang sempurna, MediaTek Helio P60 akan memungkinkan pembuat perangkat membawa ke pasar smartphone mid-range yang lebih cerdas, lebih mampu dan lebih andal.

Kabarnya, smartphone keluaran Oppo yakni Oppo R15 adalah yang pertama akan menggunakan chipset kelas menengan ini ketika setelah chipset MediaTek Helio P60 tersedia secara global mulai awal Q2 2018. (Icha)

 

Latest

Lebaran, Indosat Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17%

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan...

Jelajahi Keajaiban AI Eraser & AI Smart Image Matting di Oppo Reno11 F 5G

Telko.id - Oppo bersama grup K-Pop populer BSS (Seventeen)...

Telkomsel Ajak Pelanggan Ciptakan Jejak Kebaikan

Telko.id - Telkomsel melalui inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR)...

Rahasia Samsung Bertahan 15 Tahun di Peringkat Satu Global Signage

Telko.id - Samsung Electronics Co., Ltd. mengumumkan prestasinya sebagai...

Rekomendasi

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini