Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Alcatel Lucent Bawa Layanan Cloud ke Burkina Faso

Jakarta – Burkina Faso jadi negara pertama di Afrika Barat yang akan menggunakan cloud untuk menghubungkan sektor publik dan swastanya. Dalam hal ini, negara yag beribukota di Guagadougou ini dibantu oleh perusahaan multinasional asal Perancis, Alcatel Lucent.

Penyedia produk telekomunikasi ini akan memasok NFV (Network Functions Virtualisation), Cloudband dan platform IP di Burkina Faso untuk menjalankan layanan awan seperti e-government, e-learning dan e-Healthy sebagai bagian dari infrastruktur G-Cloud. Layanan ini akan dibangun pada sumber daya jaringan virtualisasi dari node awan di Ouagadougou dan lima provinsi lainnya.

Dilansir dari Telecoms, Senin (16/11), rencananya Cloud ini akan menghubungkan 400 bangunan di 13 pusat-pusat kota daerah melalui jaringan serat optik dengan luas 513Km IP/MPLS. Sementara itu, backhaul akan diberikan oleh sistem transmisi serat optik sepanjang 800 km sebagai bagian dari proyek Backbone Serat Optik Nasional Burkina Faso yang baru.

Alcatel-Lucent akan menghubungkan pusat data di seluruh Burkina Faso dengan Photonic Service Switch 1830 (PSS), yang mendukung kolaborasi dari saluran 10 Gbps, 40 Gbps dan 100 Gbps.

Proyek ini merupakan bagian dari strategi Pengembangan Digital Nasional untuk menghubungkan Departemen publik dan kota lewat platform e-goverment Burkina Faso guna mendukung antisipasi peningkatan permintaan di masa mendatang untuk layanan digital bagi kesehatan, pendidikan, keadilan, imigrasi dan jasa pemerintah.

Alcatel-Lucent akan mengelola jaringan dan instalasi infrastruktur dalam proyek yang rencananya akan selesai pada tahun 2017 mendatang. Selain itu, Alcatel-Lucent juga akan melatih 100 pegawai pemerintah untuk mengimplementasikan teknologi ini.

Sebanyak €30 juta pun digelontorkan pemerintah Denmark untuk mendanai proyek ini. Dana tersebut diperoleh dari Danida Business Finance.

“Proyek ini akan memiliki banyak dampak positif bagi Burkina Faso,” ungkap Nébila Amadou Yaro, Menteri Pembangunan Ekonomi Digital Burkina Faso.

Sementara itu, Bo Jensen, Duta Besar Denmark untuk Burkina Faso menyebut proyek ini akan mendukung proses desentralisasi pemerintah, mempromosikan dekonsentrasi pelayanan publik dan memperbanyak transparansi serta peningkatan pengelolaan keuangan publik. [ak/if]

Latest

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code:...

Galaxy AI Bakal Hadir Di Flagship Samsung Lain, Ini Daftarnya!

Telko.id - Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan Galaxy...

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP, Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Telko.id - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan...

Telkomsel Ramadan Insight 2024, Panduan Bagi Para Pelaku Bisnis

Telko.id - Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali...

Rekomendasi

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...