Ini Jadwal Pembaruan ColorOS 11 Di Produk Oppo

ColorOS 11

Telko.id – Baru saja Google meluncurkan ColorOS 11. Oppo mendapatkan kesempatan dihari yang sama untuk membenamkan di beberapa produk nya. Keluarga Find X2 lah yang mendapatkan privilege tersebut karena menjadi yang pertama memperoleh pembaruan tersebut. Mulai dari Oppo Find X2, Oppo Find X2 Pro, Oppo Find X2 Pro Automobili Lamborghini Edition.

“Kesempatan ini cukup membanggakan bagi Oppo, pasalnya, ketika 2018 lalu, Oppo mendapatkan update operating system Android yang terakhir harus menunggu 321 hari. Lalu, untuk memperoleh Android OS 10 dengan Color OS 7, Oppo harus menunggu sampai 83 hari. Dan, kali ini mendapatkan pembaruan ColorOS 11 dari Google pada hari yang sama!,” ungkap Lynn Ni, Design Project Lead of Oppo ColorOS dalam peluncurannya hari ini (14/09) secara virtual.

ColorOS 11

Lalu, selanjutnya, jadwal produk Oppo yang akan mendapatkan pembaruan ini adalah

  • Mulai 30 September: Reno 3 5G, Reno 3 Pro 4G, F17 Pro
  • Mulai Q4 2020: Reno 4 Pro 5G, Reno 4 4G, Reno 4 4G, Reno 4 4G, F11, F11 Pro, F11 Pro (Marvel Avengers Limited Edition), A9, A92, A72, A52
  • Mulai Q1 2021: Reno 10X Zoom, Reno 2, Reno2 F, Reno 2 Z, Reno 3 Pro 5G, A91, F15
  • Mulai Q2 2021: Reno, Reno Z, A5 2020, A9 202

Sebenarnya, apa sih yang ditawarkan oleh ColorOS 11 di produk Oppo ini?

Three-finger translation

Dengan menggeser ke bawah menggunakan tiga jari, Anda dapat mengambil tangkapan layar. Selain itu, Anda dapat dengan cepat memotong tangkapan layar itu tanpa meninggalkan menu gerakan tiga jari, membuatnya lebih sederhana.

Di ColorOS 11, Oppo memperkenalkan fitur baru di sini. Menggunakan kekuatan Google Lens dan Google Translate, Color OS sekarang akan secara otomatis menerjemahkan teks asing yang muncul di tangkapan layar parsial Anda. Ini akan menghemat banyak keran jika Anda membaca banyak materi asing. Fitur terjemahan juga akan muncul di Smart Sidebar jika Anda ingin mengaksesnya secara langsung.

Gamer mode

Saat ini, hampir semua skin Android utama memiliki mode gamer bawaan atau aplikasi yang membantu sesi game. Di Color OS 11, Oppo menambahkan fitur baru ke mode pemainnya sendiri yang diberi merek sebagai “Mode Immersive”.

Yang mengasyikan, mode ini akan memblokir panggilan, membatasi notifikasi media sosial, dan menonaktifkan gerakan tertentu di layar. Dengan Mode Imersif, Anda dapat fokus pada game tanpa perlu khawatir tentang hal lain.

Customizable Dark Mode

Di Color OS 7, Oppo memperkenalkan mode gelap yang cukup sederhana. Namun, di Oppo Color OS 11, mode gelap mendapat beberapa penyesuaian baru. Perubahan baru terbesar adalah kemampuan Anda untuk menentukan mode gelap seperti apa yang Anda inginkan. Anda dapat memilih di antara tiga opsi: Enhanced, Medium, dan Gentle.

Lalu, disempurnakan lagi dengan memberikan pilihan untuk pengaturan kontras tinggi, mode hitam pekat gelap, sementara Gentle akan lebih mirip dengan mode abu-abu yang kita lihat di aplikasi Google tertentu. Jelasnya, Medium akan bertindak sebagai jembatan antara kedua ekstrem tersebut.

Mode gelap baru juga menampilkan fitur penjadwalan Android 11, memungkinkan Anda untuk secara otomatis mengaktifkan atau menonaktifkan mode gelap pada waktu tertentu yang Anda pilih atau menautkannya ke matahari terbenam / matahari terbit.

Jadikan layar Anda selalu aktif

Layar yang selalu aktif di Color OS 7 sebenarnya sudah cukup. Di Color OS 11, Oppo meningkatkan dengan memasukkan opsi karya seni baru yang dapat disesuaikan. Anda membuat desain animasi yang bagus dengan menyeret jari Anda di layar. Desain yang Anda buat kemudian akan diputar di layar saat AOD aktif.

Anda secara teoritis dapat membuat desain baru setiap hari tanpa ada dua yang sama persis. Meskipun ini mungkin bukan fitur yang akan menjadi faktor penentu pembelian Oppo, ini pasti trik keren yang dapat membantu Anda menjadikan ponsel milik Anda sendiri.

Buat wallpaper dan nada dering Anda sendiri

Sama halnya dengan AOD buatan sendiri, pada Oppo Color OS 11 juga menawarkan kemampuan untuk membuat wallpaper dan nada dering. Untuk wallpaper, Anda dapat mengambil foto (atau mengunggah sesuatu yang Anda unduh dari internet) dan sistem operasi akan membuat beberapa wallpaper dari gambar itu. MeTerdapat berbagai variasi, mulai dari bentuk poligon sederhana hingga mosaik dan banyak lagi, semua dengan nada warna dari gambar. Ini adalah trik keren lainnya yang memungkinkan seseorang memiliki wallpaper yang selalu cocok dengan pakaiannya, misalnya.

Dengan fitur buat nada dering Anda sendiri, Color OS memberi Anda nada yang sangat sederhana, tidak berbeda dengan setiap nada dering umum yang pernah Anda dengar. Dengan menggeser jari Anda pada panel, Anda dapat mengubah nada, timbre, dan kecepatan nada untuk menciptakan sesuatu yang sesuai dengan selera Anda. Sekali lagi, ini dapat membantu Anda membuat nada dering yang benar-benar unik untuk ponsel Anda dengan sedikit usaha.

Pengaturan lain

Color OS 11 menghadirkan font open-source baru dari Oppo, yang disebut Oppo Sans. Ada opsi baru untuk memilih warna yang muncul di seluruh sistem operasi serta beberapa bentuk ikon baru yang dapat Anda pilih. Ada juga animasi sensor sidik jari dalam layar baru.

Fitur baru yang menarik lainnya adalah mengirimkan beberapa nada peringatan untuk pemberitahuan yang berurutan. Jika Anda mengenal seseorang yang suka mengirim 15 teks sekaligus, masing-masing notifikasi tersebut akan mendapatkan nada yang sedikit berbeda. Ketika semuanya masuk, itu akan terdengar lebih seperti sebuah lagu daripada peringatan berulang. Ini halus, tapi sentuhan yang bagus.

Jika Anda kewalahan dengan semua fitur ini, Oppo sekarang menawarkan lebih banyak opsi saham juga. Anda dapat tetap menggunakan ikon Material Google, misalnya, dan menggunakan font Roboto. Sayangnya, masih belum ada cara untuk menekan tombol dan “men-stock-ify” ponsel Oppo Anda, tapi setidaknya itu semakin mendekati kemungkinan itu.(Icha)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.