Telko.id – Saat ini, banyak perusahaan yang fokus mengembangkan berbagai hal tentang Internet of Things. Termasuk juga Cisco. Untuk mempercepat, Cisco berniat untuk mengakusisi Jasper technologies.

“Rencana mengakuisisi Jasper Technologies adalah untuk pengembang dari platform server berbasis cloud untuk Internet of Things,” ujar Rob Salvagno, Head of Corporate Development and Investments Cisco menjelaskan. Nilai akuisisi Jasper ini, menurut Rob merupakan harga kesepakatan terbesar dua tahun terakhir ini. Angka nya mencapai 1.4 Miliar US$.

IoT ini memang sudah menjadi agenda dari Cisco pada tiga tahun belakangan ini. Bahkan Cisco pun angat aktif berinvestasi untuk mengembangkannya. Tahun lalu misalnya, perusahaan ini membeli ParStream. Perushaan yang membuat database untuk menganalisis Jumlah besar data IOT secara real time. Tujuan dari Cisco melakukan akusisi ini adalah untuk membuat IoT sederhana, terukur dan interoperable.

Jasper yang berbasis dekat Santa Clara, California ini adalah vendor terkemuka dan memiliki pelanggan dari 3500 perushaan. Termasuk Ford, GM dan Starbucks. Ada juga 27 penyedia layanan, seperti aT & T dan Rogers Wireless dan lebih dari 100 negara.Teknologi Jasper memungkinkan untuk berkoneksi dengan jutaan perangkat. Mulai dari mobil dan printer untuk mesin penjual.

“Usaha di setiap industri membutuhkan solusi terintegrasi yang memberikan visibilitas lengkap dan kontrol atas koneksi layanan mereka. Juga ketika sedang sederhana untuk melaksanakan, mengelola dan skala,” kata Jasper CEO Jahangir Mohammed dalam sebuah pernyataan.

Mohammed akan bertugas IOT Software Unit Bisnis baru Cisco di bawah Rowan Trollope, wakil presiden senior Cisco dan general manager, IOT dan Kolaborasi Technology Group.

Setelah bertahun-tahun banyak diperbincangkan, IOT kini sudah siap untuk menyentuh setiap aspek dari bisnis utama dan kehidupan konsumen, mengurangi waktu, biaya dan sumber daya pada sebagian besar tugas. Hampir semua senjata besar komunitas teknologi ini bertaruh besar pada IOT, Meskipun hanya sebagian kecil dari konsumen perangkat tersebut.

Biasanya, menurut Salvagno, Cisco membeli tujuh sampai 10 start-up per tahun, mulai dari 100 juta US$ untuk 300 juta US$ untuk membeli dan kebanyakan adalah pembuat produk. Setiap tahun atau dua tahun, Cisco akan snap sebuah perusahaan teknologi platform yang lebih besar seperti Jasper.

Sebagai tambahan informasi, pada akhir 2013, Cisco dilaporkan telah membayar melaporkan 2.7 miliar US$ untuk perusahaan cybersecurity Sourcefire.

Langkah merger dan akuisisi yang dilakukan merupakan strategi Cisco untuk pengembangan teknologi ke depan. (Icha)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.