Telko.id – Huawei menjadwalkan akan menggelar Huawei Global Developers Conference (HDC) pada 9 – 11 Agustus mendatang. Saat itulah kabarnya akan dijadikan momen untuk meluncurkan sistem operasi milik Huawei yakni HongMeng.

Berita ini boleh dibilang tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, Richard Yu, Head of Consumer Business Huawei sempat menyatakan pada bulan Mei lalu, seperti dikutip dari CNBC yang menyebutkan bahwa akan meluncurkan OS HongMeng ini pada musim gugur ini di Cina.

Huawei Global Developer Conference sendiri merupakan acara penting bagi raksasa ponsel cerdas China, terutama tahun ini, dengan lebih dari 1.500 mitra dan 5.000 pengembang global diperkirakan akan menghadiri acara tersebut.

Meskipun acara ini diadakan setiap tahun, kali ini, event ini menjadi lebih istimewa karena Cina, terutama Huawei sedang menjadi perhatian dunia. Terlebih ketika Huawei merencanakan akan meluncurkan OS nya tersebut. Maklum saja, sebuah OS tidak akan menjadi apa-apa jika tidak memiliki ekosistem mendukung nya. Terutama berbagai aplikasi yang akan menunjang konsumen untuk memaksimalkan smartphone nya.

OS baru buatan dari Huawei ini, rencananya tidak saja dibuat untuk berjalan di smartphone. Menurut Richard Yu, OS ini “terbuka untuk ponsel, komputer, tablet, TV, mobil, dan perangkat pintar yang dapat dipakai,” dan akan kompatibel dengan semua aplikasi Android dan aplikasi web. Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa “jika aplikasi Android dikompilasi ulang, kinerja yang berjalan ditingkatkan lebih dari 60%.”

Dengan adanya pernyataan tersebut, maka diperkirakan OS HongMeng ini akan cukup powerfull karena tidak seperti Android yang sekarang ini ada, yang hanya terbatas pada smartphone dan tablet saja. OS HongMeng akan memiliki kemampuan untuk ditanamkan pada berbagai gadget termasuk jam tangan pintar, TV, dan mobil. Tapi, kita tunggu saja apa yang akan terjadi pada Huawei Global Developers Conference (HDC) yang akan diadakan di Danau Songshan, Dongguan mulai 9 Agustus hingga 11 Agustus. (Icha)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.