Telset

Telko.id, Jakarta – Google telah merilis versi beta 3 dari Android Q, sebelum resmi meluncurkannya ke perangkat Pixel pada akhir musim panas mendatang. Total, ada 21 smartphone dari 13 merek yang mendukung pembaruan Android 10 Q versi beta 3 yang dikeluarkan oleh Google.

Dilansir dari GSMArena, Rabu (08/05/2019), ini adalah jumlah smartphone terbanyak yang pernah berpartisipasi dalam program beta Android.

Sebab di tahun sebelumnya, hanya ada 8 smartphone dari 7 merek yang bergabung dan mendukung Android Pie beta. Smartphone yang mendukung pembaruan di antaranya adalah seluruh generasi Google Pixel.

{Baca juga: Game Mario Kart Tour Mulai Diuji Coba di Android}

Kemudian, Asus Zenfone 5z, Essential Phone, Huawei Mate 20 Pro, LG G8 ThinQ, Nokia 8.1, OnePlus 6T, Oppo Reno, Realme 3 Pro, Sony Xperia XZ3, Techno Spark 3 Pro, Vivo X27, Vivo NEX S, Vivo NEX A, Xiaomi Mi 9, dan Xiaomi Mi Mix 3 5G.

Google menyatakan, untuk berpartisipasi dalam program ini, pengguna Google Pixel bisa mendaftarkan perangkat mereka di situs Android Beda. Lalu nantinya, pembaruan akan dikirimkan via OTA atau Over the Air.

Khusus untuk smartphone non Pixel, pengguna wajib menginstall Android Q beta secara manual dengan mengikuti instruksi yang ada di situs Android Developers.

Android Q sendiri memiliki banyak fitur dan mengalami sejumlah perubahan desain. Salah satunya adalah UI yang mendukung form factor dari smartphone lipat, dan hadirnya Dark Mode.

{Baca juga: Tak Cuma Android, iOS Juga Jadi Sasaran Spyware Exodus}

Sistem operasi ini juga sudah mendukung teknologi 5G sampai teknologi berbasis machine learning bernama Live Caption. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan caption dari media yang sedang dinikmati pengguna.

Menariknya, fitur tersebut tidak membutuhkan koneksi internet, karena machine learning diproses di dalam smartphone atau disebut sebagai on-device machine learning. Lalu ada Smart Reply yang mampu memberikan saran pesan balasan kepada pengguna secara otomatis. (FHP)

Sumber: GSMArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.