Categories: OTTTREND&TECHNOLOGY
| On 4 weeks ago

Blibli Gaet Pelanggan Buat Belanja via Gamification, Apa Alasannya?

Telko.id – Untuk menarik pelanggan atau masyarakat supaya menggunakan Blibli memang perlu cara unik. Maklum saja, karena godaan belanja datang dari banyak e-commerce. Jadi perlu cara yang memang sesuai dengan trend atau kesenangan konsumen. Dan Blibli melihat bahwa games menjadi cara jitu.

“Itu sebabnya, Blibli menggunakan teknik gamification atau games yakni Histeria Syok! Pada moment 10.10 lalu, moment 11.11 kali ini dan moment Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 sampai 31 Desember 2019 nanti,” ungkap Andri Adrian Deputy CMO blibli.com di Jakarta.

Yang melatarbelakangi program tersebut adalah 4 tren yang disebut oleh Andri Adrian, Deputy CMO Blibli.com sebutkan pada peluncuran Histeria Asyik ini.

Trend pertama adalah Retail gamification. Di mana menurut Adrian, 2 tahun belakangan ini semakin terlihat kesenangan masyarakat untuk bermain game. Dari masyarakat yang berinternet, 83% bermain games. Ada 4 unsur games yang dipilih. Pertama adalah yang story nya sederhana, kedua Quest (pencarian) tidak rumit. Ketiga, effort nya tidak banyak dan keempat memperoleh reward.

Unsur ke empat ini yang paling kuat mengarahkan konsumen untuk belanja dan menjadikan dasar bagi Blibli dalam membuat game untuk menarik pelanggan nya agar berbelanja. Akhirnya yang dihasilkan adalah game CAPIT – Cara Belanja Paling Irit.

Trend ke dua adalah 76% dari pengguna internet menggunakan transaksi online  di smartphone nya. Hal ini juga yang menjadi acuan Blibli untuk menyesuaikan agar konsumen yang belanja menjadi mudah dan nyaman. Apalagi, saat ini sudah tergelar jaringan 3G dan 4G yang semakin merata di seluruh Indonesia.

Trend ketiga adalah dalam transaksi groceries di Blibli terjadi peningkatan. Growth nya sampai 30% YoY.  Secara industry pada tahun ini, grocesier ini transaksinya mencapai US$ 1.45 billion. Yang melakuka transaksi ini sebanyak 107 juta konsumen.

Trend keempat adalah penggunaan e-walet meningkat pada tahun ini. Sekitar 86% dari pengguna internet di Indonesia bertransaksi mengunakan ewalet. Kenapa? “Karena sekarang sudah banyak ragam dari e-walet yang ada, kedua karena memang mereka sudah nyaman. Tidak lagi perlu bawa uang banyak, asal tidak ketinggalan smartphone nya sudah bisa melakukan banyak transaksi,” ungkap Andri.

Harapannya, dengan adanya program Histeria Syok! Di 11.11 ini, blibli akan dapat tambahan pelanggan baru 2 kali lipat dari moment 10.10 lalu. “Kami optimis akan dapat tercapai angka yang diharapkan tersebut karena dibandingkan tahun lalu saja, ada peningkatan jumlah konsumen yang melakukan transaksi sebesar 116% dibandingkan tahun 2018,” ungkap Geoffrey L. Dermawan, Project Lead Blibli Histeria Syok menjelaskan.

CAPIT diluncurkan pada 1 Oktober 2019 seiring dimulainya pesta belanja, yaitu Blibli.com Histeria Syok! dan akan hadir hingga 31 Desember 2019.

CAPIT memberi kesempatan bagi para pelanggan untuk menebus jutaan produk dengan “Harga Syok” yaitu diskon hingga 90% dan tambahan cashback hingga 100%.

Para pelanggan dapat memainkan CAPIT dengan mengumpulkan lima Token Histeria, di mana setiap token didapatkan setelah berbelanja minimal Rp100.000.

Hingga kini,  CAPIT sudah dimainkan setidaknya 470.000 kali oleh para pelanggan Blibli.com.

Saat penyelenggaraan Blibli.com Histeria Syok! di periode 10.10, dua pelanggan Blibli.com berhasil menebus Honda All New CR-V 1.5 L Turbo dengan diskon sebesar 50% dan Yamaha NMAX dengan diskon hingga 90%.

Blibli.com juga masih menyediakan 11 unit mobil, 90 unit motor Yamaha NMAX, logam mulia, LED TV, laptop dan beragam produk lainnya yang dapat ditebus dengan harga khusus.

Pesta belanja pun akan berlanjut selama Histeria Syok 11.11 di November dan Histeria Syok 12.12 di Desember, di mana Blibli.com akan menghadirkan penawaran istimewa bersama merchant partner, selain melanjutkan cashback dan flash sale Banyaknya program belanja yang dihadirkan mendorong trafik ke Blibli.com.

Saat Histeria Syok 10.10, trafik optimum bertahan selama 11 jam, mulai dari 05:00 WIB hingga 16:00 WIB. Jauh meningkat dibandingkan dengan periode 10.10 di 2018, di mana trafik optimum bertahan selama dua jam dari 09:00 WIB hingga 11:00 WIB.

“Mengingat besarnya trafik saat Harbolnas, Blibli.com juga meningkatkan performa mobile website dengan mempercepat proses loading laman sebanyak 70%. Loading laman yang cepat sangat penting dalam meningkatkan kepuasan berbelanja para pelanggan,” tutup Geoffrey. (Icha)