Telset

Telko.id, Jakarta – Penggunaan smartphone saat berkendara atau mengemudi seperti telah menjadi hal yang lazim belakangan ini. Padahal, hal ini jelas-jelas dianggap berbahaya lantaran berpotensi mengganggu konsentrasi pengemudi dan menyebabkan kecelakaan. Tak heran, jika sejumlah negara pun kemudian menetapkan larangan tersendiri mengenai penggunaan smartphone saat mengemudi. Baik itu untuk menelpon, sms, menjelajahi web, dan lainnya.

Penggunaan perangkat pendukung seperti hands free pun adakalanya tetap dilarang. Karena dinilai sama berbahayanya.

Di Amerika Serikat misalnya, kecelakaan mobil akibat gangguan saat mengemudi semakin meningkat. Penyebab utamanya adalah telepon seluler. Pada 2015, 660 ribu pengemudi di negara ini diperkirakan menggunakan smartphone setiap hari, saat mengemudi pada siang hari.

{Baca juga: 4 Cara Sederhana Memperpanjang Umur Baterai}

Kecelakaan kendaraan yang disebabkan oleh pengunaan smartphone saat mengemudi ini nyatanya tak hanya menjadi isu bagi pemerintah setempat – dengan beberapa menetapkan UU terkait ini, para pembuat smartphone pun seperti merasa bertanggung jawab untuk menguranginya. Caranya, dengan menghadirkan fitur khusus di perangkatnya, yang memungkinkan pengemudi tetap fokus saat mengemudi sambil menggunakan smartphone.

Oppo misalnya, menyematkan sebuah mode berkendara (Smart Driving) khusus untuk memastikan pengguna tidak terganggu saat mengemudi. Disini, sistem akan secara otomatis membisukan pemberitahuan. Selain itu, Oppo juga telah mendesain ulang antarmuka panggilan untuk berkendara. Dimana antarmuka panggilan baru akan menggunakan huruf dan tombol besar, dengan fitur yang tersedia untuk hanya menjawab dan menolak panggilan. Jika pengguna menolak panggilan, ponsel akan secara otomatis mengirim SMS untuk balasan. Tentu saja, pengguna dapat menentukan nomor yang diizinkan untuk memastikan tidak akan kehilangan panggilan penting.

{Baca juga: Oppo F11 Pro Avengers Resmi Dirilis, Segini Harganya}

Untuk mengaktifkan Smart Driving di Oppo F11, pengguna cukup masuk ke menu Setting > Smart Service > Smart Driving

Ada dua pilihan mode berkendara disini, satu untuk Anda yang mengendarai mobil, satu lagi yang berkendara dengan sepeda motor. Jika tidak ingin mengaktifkan keduanya, cukup pilih off.

Saat Anda mengaktifkan fitur ini, sebuah notifikasi (bergambar mobil) akan muncul di bagian kanan atas smartphone. Anda juga akan mendapat notifikasi bahwa mode berkendara telah aktif.

Untuk mematikan mode Smart Driving, Anda cukup menarik ke bawah Notification Center, lalu klik “End Driving Mode”. Jika sudah terlanjur masuk ke dalam, pergi ke Settings > Smart Service > Smart Driving > Off.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.