Telset

Telko.id, Jakarta – Apple mencetak prestasi yang cukup baik di industri game. Perusahaan Analis, Newzoo melaporkan jika Apple merupakan perusahaan game keempat terbesar di dunia. Kabarnya prestasi tersebut tidak bisa terlepas dari peran iPhone yang menjadi produk andalannya.

Dilansir Telko.id dari Ubergizmo pada Jumat (21/06/2019), prestasi ini cukup unik terlebih Apple tidak membuat game atau membuat konsol. Namun berkat proliferasi iPhone sehingga memungkinkan perusahaan bisa meraup berkembang di industri game.

Menurut para analis, produsen iPhone itu diperkirakan telah mendapatkan USD$ 2,09 miliar atau Rp 28,2 triliun dari game pada kuartal pertama 2018 dan USD$ 9,45 miliar atau Rp 127 triliun di sepanjang tahun lalu.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Posisi Apple diprediksi juga dapat meningkat karena di WWDC 2019, diluncurkan Apple Arcade, layanan berlangganan baru yang akan memberikan pemain akses ke banyak permainan eksklusif. Walaupun pretasi Apple moncer di industri game, di sektor lain kalah berasing.

Gartner Inc melaporkan hasil kuartal I di tahun 2019, dimana Samsung berada di urutan pertama dengan 71,62 juta penjualan smartphone dan Huawei dengan 58,4 juta unit. Diposisi ketiga baru ditempati Apple dengan penjualan yang menurun menjadi 44,56 juta unit dan pangsa pasar ikut turun menjadi 11,9%

Industri game sendiri, khususnya konten video game, sedang naik daun. Menurut data dari Entertainment Software Association dan lembaga riset The NPD Group pendapatan video game naik 18% dari tahun 2017 menjadi $ 43,8 miliar atau Rp 617,2 triliun.

{Baca juga: Apple Diramalkan akan Luncurkan iPhone 5G, Kapan?}

Memang besarnya pendapatan industri video game juga didukung oleh penjualan perangkat keras pendukung untuk bermain. Di tahun 2018 penjualan mouse dan keyboard juga tumbuh lebih dari 15% dari $ 6,5 miliar menjadi $ 7,5 miliar atau Rp 105,6 triliun. [NM/HBS]

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.