Berhasil Ditemukan, India Sulit Evakuasi Chandrayaan-2 Vikram

Telko.id, Jakarta – Setelah dilakukan pencarian, Organisasi Penelitian Antariksa India (ISRO) berhasil menemukan pesawat lander Chandrayaan-2 Vikram. Sayangnya pesawat tersebut belum dapat dievakuasi karena tempatnya sulit dijangkau.

Dilansir Telko.id dari Engadget pada Senin (09/09/2019), Ketua ISRO, Kailasavadivoo Sivan mengatakan bahwa kamera-kamera di pesawat pengobrit telah menemukan lokasi Chandrayaan-2 Vikram.

{Baca juga: Gagal Mendarat di Bulan, Pesawat Antariksa India Hilang Kontak}

Tetapi, menurutnya, pihak ISRO belum dapat melakukan evakuasi Chandrayaan-2 Vikram karena pesawat antariksa tersebut berada di lokasi yang sulit untuk dilakukan pendaratan.

“Kamera-kamera di atas pesawat pengorbit menemukan pesawat ruang angkasa dan yakin itu adalah pendaratan yang sulit. Ada upaya yang sedang dilakukan untuk menghubungi pendarat,” kata Sivan.

Seperti diketahui, usaha India untuk menjadi negara keempat yang mendarat di Bulan mengalami hambatan. ISRO kehilangan kontak dengan pesawat Lander Chandrayaan-2 Vikram yang akan mendarat ke Bulan.

ISRO kehilangan kontak dengan Chandrayaan-2 Vikram ketika pesawat tersebut berada diketinggian 2,1 km di atas permukaan bulan. Badan antariksa India itu pun sedang menganalisis data yang tersedia, dan memprediksi jika pesawat ruang angkasa Chandrayaan-2 masih dalam orbit.

Sampai saat ini baru Amerika Serikat, Rusia, dan China yang berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasanya di bulan. Israel mencoba jadi negara keempat yang mendarat di bulan lewat pesawat ruang angkasa Beresheet pada April lalu, tapi gagal.

{Baca juga: Ikuti Jejak Misi Apollo, India Kirim Reflektor ke Bulan}

India sendiri ingin menjadi negara keempat yang berhasil mendarat ke bulan, namun hingga kini belum jelas nasib pesawat mereka. Pesawat ruang angkasa India berhasil membawa reflektor pertama ke bulan sebagai bagian dari misi Chandrayaan-2 pada Senin (22/7/) lalu.

Peluncuran pesawat antariksa tersebut dilakukan oleh ISRO, dengan meluncurkan reflektor kecil baru ke kutub selatan bulan. [NM/HBS]

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.