Belanja IoT Dunia Pada 2019 Akan Mencapai $ 745 Miliar

Telko.id – Berdasarkan laporan dari Internasional Data Corporation (IDC) bertajuk Worldwide Semiannual Internet of Things Spending Guide, pengeluaran seluruh dunia untuk Internet of Things (IoT) diperkirakan akan mencapai $ 745 miliar pada tahun 2019, meningkat 15,4% dari $ 646 miliar yang dihabiskan pada tahun 2018.

Kondisi tersebut akan didominasi oleh Sektor Manufaktur, Konsumen, Transportasi, dan Utilitas.

“Adopsi IoT terjadi di berbagai industri, di pemerintahan, dan dalam kehidupan sehari-hari konsumen. Kami semakin mengamati bagaimana data yang dihasilkan oleh perangkat yang terhubung membantu bisnis berjalan lebih efisien, mendapatkan wawasan tentang proses bisnis, dan membuat keputusan waktu nyata. Untuk konsumen, akses ke data mengubah cara mereka untuk mengetahui status rumah tangga, kendaraan, dan anggota keluarga serta kesehatan dan kebugaran mereka sendiri, “kata Carrie MacGillivray, Vice President Internet of Things and Mobility IDC.

Carrie menambahkan bahwa “saat ini merupakan mulainya babak baru dari IoT. Di mana kita melihat peralihan dari secara digital yang memungkinkan fisik menjadi otomatisasi dan menambah pengalaman manusia yang terhubung dengan dunia.”

Pada tahun 2019 ini, industri yang diperkirakan menghabiskan paling banyak untuk solusi IoT adalah produksi diskrit ($ 119 miliar), proses manufaktur ($ 78 miliar), transportasi ($ 71 miliar), dan utilitas ($ 61 miliar).

Pengeluaran IoT di antara produsen sebagian besar akan difokuskan pada solusi yang mendukung operasi manufaktur dan manajemen aset produksi.

Sedangkan pada transportasi, lebih dari setengah pengeluaran IoT akan digunakan untuk pengawasan pengiriman, diikuti oleh manajemen armada.

Dalam industry utilitas, pengeluaran IoT akan didominasi untuk smart grid listrik, gas, dan air.

Namun, industri ini yang memiliki tingkat pertumbuhan tahunan gabungan tercepat (CAGR) selama periode perkiraan lima tahun adalah asuransi (17,1%), pemerintah federal / pusat (16,1%), dan perawatan kesehatan (15,4%).

“Pengeluaran konsumen IoT akan mencapai $ 108 miliar pada tahun 2019, menjadikannya segmen industri terbesar kedua. Kasus penggunaan pada konsumen terutama yang terkait dengan rumah pintar, kesehatan pribadi, dan infotainment kendaraan yang terhubung,” kata Marcus Torchia, direktur riset, Customer Insights & Analisis.

“Di dalam rumah pintar, otomatisasi rumah dan peralatan pintar akan mengalami pertumbuhan pengeluaran yang kuat selama periode perkiraan dan akan membantu menjadikan konsumen segmen industri yang tumbuh tercepat secara keseluruhan dengan CAGR lima tahun sebesar 17,8%,” ujar Marcus menambahkan.

Kasus penggunaan IoT yang memiliki tingkat investasi terbesar pada 2019 didorong oleh pengeluaran industri: operasi manufaktur ($ 100 miliar), manajemen aset produksi ($ 44,2 miliar), rumah pintar ($ 44,1 miliar), dan pemantauan pengiriman barang ($ 41,7 miliar) ).

Kasus penggunaan IoT yang diharapkan memberikan pertumbuhan belanja tercepat selama periode perkiraan 2017-2022 memberikan gambaran di mana industri lain melakukan investasi IoT. Hal ini termasuk otomatisasi fasilitas bandara (transportasi), pengisian kendaraan listrik (utilitas), pemantauan bidang pertanian (sumber daya), bedside telemetry (Healthcare), dan pemasaran kontekstual di dalam toko (ritel).

Layanan IoT akan menjadi kategori teknologi terbesar pada 2019 dengan $ 258 miliar digunakan untuk layanan TI dan instalasi tradisional serta perangkat non-tradisional dan layanan operasional.

Pengeluaran perangkat keras akan mendekati $ 250 miliar dipimpin oleh lebih dari $ 200 miliar dalam pembelian modul / sensor. Pengeluaran perangkat lunak IoT akan berjumlah $ 154 miliar pada 2019 dan akan melihat pertumbuhan tercepat selama periode perkiraan lima tahun dengan CAGR 16,6%. Pengeluaran layanan juga akan tumbuh lebih cepat daripada pengeluaran IoT keseluruhan dengan CAGR 14,2%. Pengeluaran konektivitas IoT akan berjumlah $ 83 miliar pada tahun 2019.

IDC juga melaporkan bahwa Amerika Serikat dan Cina akan menjadi pemimpin global untuk pengeluaran IoT pada 2019 masing-masing dengan $ 194 miliar dan $ 182 miliar. Dikuti oleh Jepang ($ 65,4 miliar), Jerman ($ 35,5 miliar), Korea ($ 25,7 miliar), Prancis ($ 25,6 miliar), dan Inggris ($ 25,5 miliar).

Sedangkan negara-negara yang akan melihat pertumbuhan pengeluaran IoT tercepat selama periode perkiraan semuanya berada di Amerika Latin: Meksiko (28,3% CAGR), Kolombia (24,9% CAGR), dan Chili (23,3% CAGR).

Internet Semiannual Worldwide of Spending Guide Internet juga meramalkan pengeluaran IoT untuk 14 kategori teknologi dan 82 kasus penggunaan di 20 industri di sembilan wilayah dan 53 negara. Tidak seperti penelitian lain di industri ini, panduan belanja komprehensif dirancang untuk membantu vendor memahami dengan jelas peluang spesifik industri untuk teknologi IoT saat ini. (Icha)

 

TERBARU

Demi Kurangi Hoaks, BRTI Larang Penjualan BTS Palsu Atau SMS Blaster

Telko.id - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) meminta semua pihak untuk berhenti memperdagangkan ataupun menggunakan perangkat sejenis penyebar SMS palsu. Perangkat dimaksud mampu pula...

BAKTI dan Indosat Sepakat Memaksimalkan Layanan Palapa Ring

Telko.id - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Dan Informasi (BAKTI) dan Indosat, melakukan penandatangan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) mengenai pemanfaatan Layanan Palapa Ring. Penandatangan...

Asus Exclusive Store Buka di Lippo Mall Puri

Telko.id, Jakarta  – Asus kembali membuka “Asus Exclusive Store” di Lippo Mall Puri Jakarta. Ini adalah outlet kedua yang ada di Jakarta, dan keempat...

Bisnis Go-Food Sumbang Rp 18 triliun Pada Perekonomian Indonesia

Telko.id – Laper, Go-Food aja. Itu kalimat yang sering terdengar saat ini. Maklum saja, Go-Food sebagai salah online food delivery di Indonesia sudah berkembang...

Di Jepang Ada Museum Robot Lovot yang Jadi “Teman Curhat”

Telko.id, Jakarta – Groove X membuka Museum Lovot di Tokyo Jepang untuk kesempatan bagi para calon pembeli untuk lebih dekat dengan robot Lovot.Para calon...

Qualcomm dan Tencent Kembangkan AI untuk Gaming

Telko.id, Jakarta – Qualcomm mengumumkan kerja sama dengan Tencent saat berlangsung acara Qualcomm AI Day yang digelar di Shenzen, China, beberapa hari lalu. Mereka akan...