Banyak yang Baru! Ini Bocoran Fitur iOS 13 yang Segera Dirilis

Telko.id, Jakarta – Apple diprediksi akan meluncurkan iOS 13 pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2019 yang digelar pada 3 Juni mendatang. Meski belum merilisnya secara resmi, namun sejumlah fitur iOS 13 sudah bocor duluan berkat informasi dari orang-orang yang ikut dalam pengembangan sistem operasi untuk iPhone dan iPad ini.

Menurut 9to5Mac, seperti dikutip Telko.id pada Selasa (16/04/2019), ada beberapa fitur andalan yang hadir di iOS 13. Seperti Dark Mode, Mutitasking, Undo Gesture, Font Management, Volume HUD, dan lainnya.

{Baca juga: iOS 13 Bakal Hadir di WWDC 2019?}

Nah, dalam tulisan kali ini, kami akan membeberkan fitur-fitur yang dipastikan akan hadir di IOS 13. Siapa tahu salah satu dari fitur ini akan menjadi favorit Anda ketika mendapatkannya nanti. Yuk simak!

Dark Mode dan Multitasking

Setelah dinantikan lama oleh para Apple Fanboy, akhirnya Dark Mode dihadirkan juga pada iOS 13 untuk iPhone dan iPad. Fitur ini dapat digunakan lewat Settings pada smartphone, dan otomatis akan mengubah seluruh sistem menjadi gelap.

Detailnya memang belum diungkapkan secara detail, tapi fitur ini tampaknya juga mendukung opsi High Contrast yang sebelumnya sudah hadir di macOS. Selain itu, aplikasi iPad yang berjalan di perangkat Mac menggunakan Marzipan akan mendukung native Dark Mode di iOS dan macOS.

{Baca juga: Bocor, Begini Tampang iPhone dengan iOS 13 dan Dark Mode}

Tak hanya Dark Mode, Apple juga menghadirkan fitur Multitasking di iOS 13 untuk iPad yang pengguna menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Masing-masing aplikasi ini bisa ditempatkan di bagian tertentu dari layar, sekaligus dapat dimatikan dengan cara drag aplikasi ke arah luar layar.

Jendela aplikasi juga atau disebut sebagai Cards dapat ditumpuk satu sama lain dengan adanya efek kedalaman yang menunjukkan kartu mana yang di atas dan di bawah.

Peningkatan Safari, Undo Gesture, dan Font Management

Di iOS 12, biasanya Safari selalu “memaksa” situs tertentu yang tidak mendukung tampilan iPad untuk tampil dengan versi iPhone, sehingga tampilannya akan tampak lebih besar. Hal ini akhirnya membuat pengguna untuk menggunakan fitur Request Desktop Site Button untuk mengatasinya.

Tapi iOS 13, kemampuan Safari ditingkatkan lagi. Browser ini akan secara default mengubah situs ke versi desktop setiap kali mendeteksi situs yang tidak mendukung tampilan iPad.

{Baca juga: iPhone 7 Plus Jadi Perangkat Pertama yang Disambangi iOS 13}

Hal yang banyak dikeluhkan oleh pengguna iOS adalah tidak adanya fitur undo atau pembatalan. Dengan iOS 13, Apple akhirnya memperkenalkan Undo Gesture yang memungkinkan pengguna membatalkan input teks pada iPad.

Gesture yang digunakan adalah mengetuk area keyboard menggunakan tiga jari, kemudian geser ke kiri dan kanan untuk menggunakan undo dan redo secara interaktif. Lalu Font Management, yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui apakah dokumen yang mereka buka tidak tersedia jenis font-nya atau tidak.

Aplikasi Mail yang Makin Pintar

Kini aplikasi Mail mampu mengatur kategori pesan masuk yang diterima. Apakah masuk ke kategori Marketing, Purchases, Travel, Not Important, dan lainnya. Masing-masing kategori ini juga dapat dicari dengan mudah oleh pengguna.

Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan pesan masuk ke dalam antrian Read Later, mirip aplikasi email pihak ketiga. Di iOS 13 juga, Apple mempersiapkan gesture atau gerakan baru yang memudahkan pengguna untuk memilih beberapa item sekaligus dalam aplikasi untuk meningkatkan produktivitas pengguna.

HUD Volume Baru dan Siri yang Lebih Pintar

Siri

Hal baru lainnya pada iOS 13 adalah HUD dari volume yang dirancang ulang. Kemudian, Apple juga meningkatkan kemampuan Siri yang mampu menolak kesalahan umum ketika pengguna memberikan perintah suara “Hey Siri!”, seperti tangisan bayi, tawa, dan lainnya.

{Baca juga: Gara-gara Ini, Puluhan Ribu iPhone Bekas Hancur Sia-sia}

Siri juga akan mendukung lebih banyak bahasa lagi dengan baik, termasuk input menggunakan keyboard. Well, bagaimana menurut Anda dengan beberapa fitur di iOS 13 ini? Fitur apa yang paling kalian tunggu? (FHP)

Sumber: 9to5Mac

TERBARU

Demi Kurangi Hoaks, BRTI Larang Penjualan BTS Palsu Atau SMS Blaster

Telko.id - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) meminta semua pihak untuk berhenti memperdagangkan ataupun menggunakan perangkat sejenis penyebar SMS palsu. Perangkat dimaksud mampu pula...

BAKTI dan Indosat Sepakat Memaksimalkan Layanan Palapa Ring

Telko.id - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Dan Informasi (BAKTI) dan Indosat, melakukan penandatangan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) mengenai pemanfaatan Layanan Palapa Ring. Penandatangan...

Asus Exclusive Store Buka di Lippo Mall Puri

Telko.id, Jakarta  – Asus kembali membuka “Asus Exclusive Store” di Lippo Mall Puri Jakarta. Ini adalah outlet kedua yang ada di Jakarta, dan keempat...

Bisnis Go-Food Sumbang Rp 18 triliun Pada Perekonomian Indonesia

Telko.id – Laper, Go-Food aja. Itu kalimat yang sering terdengar saat ini. Maklum saja, Go-Food sebagai salah online food delivery di Indonesia sudah berkembang...

Di Jepang Ada Museum Robot Lovot yang Jadi “Teman Curhat”

Telko.id, Jakarta – Groove X membuka Museum Lovot di Tokyo Jepang untuk kesempatan bagi para calon pembeli untuk lebih dekat dengan robot Lovot.Para calon...

Qualcomm dan Tencent Kembangkan AI untuk Gaming

Telko.id, Jakarta – Qualcomm mengumumkan kerja sama dengan Tencent saat berlangsung acara Qualcomm AI Day yang digelar di Shenzen, China, beberapa hari lalu. Mereka akan...