Telko.id, Jakarta – NASA akan mengirim sepasang robot lebah bernama Astrobee ke stasiun luar angkasa atau ISS pada akhir April 2019. Proyek itu merupakan kolaborasi luar angkasa tercanggih antara manusia dan robot.

Menurut laporan India Times, Astrobee akan menuju ISS bersama sejumlah astronot. Astrobee akan membantu para ilmuwan dan teknisi dalam mengembangkan sekaligus menguji teknologi untuk pemanfaatan ruang tanpa gravitasi.

Seperti dikutip Telko.id, Minggu (07/04/2019), Astrobee juga akan membantu astronot untuk melakukan aktivitas rutin di luar angkasa. Menurut lembar fakta, Astrobee dibekali kipas khusus untuk membantu pergerakannya.

{Baca juga: Robot Otonom NASA Terinspirasi Film Star Wars}

Kabar juga menyebut bahwa kipas tersebut memungkinkan robot yang dikembangkan dan dibangun oleh satu pusat riset NASA bernama Ames Research Center itu melayang dan terbang di kondisi minim hingga tanpa gravitasi.

Astrobee juga berbekal lengan robotik berukuran kecil untuk menggenggam. Terdapat pula sejumlah sensor, laser, dan alat input yang memungkinkannya untuk berinteraksi dengan astronot dan lingkungan ISS.

Robot lebah ini juga dibekali komponen telepresensi, memungkinkan pegawai NASA yang berlokasi di Houston, Texas untuk mengawasi dan berinteraksi dengan semua kru di ISS.

{Baca juga: NASA Kecam India Soal Penembakan Satelit Pakai Misil}

Sebelumnya, NASA meluncurkan satelit Transiting Exoplanet Survey Satellite atau TESS untuk mencari eksoplanet yang memiliki kehidupan. Satelit itu akan mengamati 400 ribu bintang dan menentukan target pengamatan. (SN/FHP)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.