Telset

Telko.id, Jakarta Google mengungkapkan bahwa di tahun ini, sudah ada 2,5 miliar lebih perangkat Android yang aktif di seluruh dunia. Itu berarti, Android menjadi salah satu OS terpopuler yang paling banyak digunakan di dunia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Android di Google, Stephanie Cuthbertson dalam acara Google I/O Developer Conference 2019 pada Rabu (08/05).

Ia mengatakan bahwa 2,5 miliar lebih perangkat berbasis Android tersebut diproduksi oleh 180 perusahaan perangkat keras yang berbeda.

Selain mengungkapkan berapa banyak perangkat Android yang digunakan secara global, Google juga mengungkap angka distribusi Android berdasarkan data enam bulan terakhir.

{Baca juga: Pengguna Android Kini Bisa Pilih Urutan Linimasa Twitter}

Dilansir Telko.id dari Ubergizmo pada Rabu (08/05/2019), data terbaru menunjukkan bahwa distribusi Android Pie telah berjalan sekitar 10% dari perangkat Android.

Sedangkan Android 8.1 dan 8.0 Oreo masing-masing telah terdistribusi sebesar 15,4% dan 12,9%. Adapun Android 6.0 Marshmallow saat ini memiliki pangsa pasar terbesar dengan distribusi 16,9%.

Google sekarang bersiap untuk meluncurkan Android Q akhir tahun ini. Kabar ini telah terkonfiramsi bahwa Android Q beta 3 sudah tersedia untuk hampir dua lusin smartphone dengan mayoritas berasal dari OEM pihak ketiga.

Sistem operasi Android Q menghadirkan mode Dark System-Wide. Fitur yang terdapat di dalamnya memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan kapan Dark Mode atau mode gelap akan mati atau hidup.

{Baca juga: Pengguna Bisa Atur Waktu Aktivasi Dark Mode di Android Q}

Apabila ingin digunakan pada malam hari, fitur tersebut secara otomatis aktif sesuai waktu yang dijadwalkan oleh pengguna. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu repot mengaktifkannya secara manual.

Menariknya, model gelap ini bisa pula secara otomatis hidup jika level daya baterai perangkat mulai turun. Google menyebut bahwa Dark Mode memang hadir untuk menghemat daya tahan baterai perangkat. (NM/FHP)

Sumber: Ubergizmo

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.