Telko.id – Salah satu perusahaan keamanan internet, yakni WISeKey, hari ini mengumumkan kerjasamanya dengan Kaspersky Lab untuk memerangi penjahat siber di wearable devices. Kemitraan baru ini akan memberikan perlindungan ekstra bagi wearable devices yang diprediksi akan banyak digunakan sebagai bentuk pembayaran mobile dan nirkontak.

Dengan jam tangan pintar, pelacak kesehatan (fitness tracker) dan gelang pembayaran (payment wristbands) diprediksi menjadi salah satu satu dari lima metode transaksi pembayaran mobile pada tahun 2020 – sekitar US$500 juta per tahun – maka tidak bisa dihindari jika mereka akan menjadi target yang berkembang untuk serangan siber.

“Kerjasama antara WISeKey dan Kaspersky Lab merupakan terobosan baru di bidang keamanan siber bagi IoT. Kombinasi kepercayaan dan kenyamanan yang nantinya ditanamkan pada wearable devices akan menjadi pembuka pintu bagi implementasi di sektor lain, di mana pendekatan yang sama dapat mendukung berbagai aplikasi IoT lainnya,” ungkap Carlos Moreira, CEO WISeKey.

Kedua perusahaan mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan teknologi yang akan menggabungkan otentikasi serta enkripsi data ke dalam wearable devices sehingga memungkinkan peralatan ini untuk terhubung, berkomunikasi dan bertukar data keuangan dengan aman.

Interaksi antar perangkat dipastikan akan mengubah lanskap bisnis dan konsumen. Pasar bagi wearable device yang terkoneksi sendiri diperkirakan akan tumbuh sebesar 35 persen per tahun. Namun, yang mengkhawatirkan adalah masih banyaknya perangkat terkoneksi serta lalu lintas data pada perangkat ini yang tidak terlindungi, dan hal ini menjadi permasalahan yang cukup serius mengingat kebanyakan dari mereka digunakan untuk melakukan pembayaran.

Produsen jam tangan premium, seperti Bulgari, bahkan sudah mengintegrasikan perangkat lunak keamanan milik WISeKey yang sudah dipatenkan, WIS.WATCH ke dalam jam tangan pintarnya. Hal ini memungkinkan pelanggan dapat dengan aman mengidentifikasi dan mengotentikasi perangkat mereka, sehingga dapat menghubungkannya ke perangkat lain seperti smartphone serta untuk mengakses aplikasi, data pribadi dan penyimpanan awan yang aman.

Dengan kemitraan baru ini, teknologi software development kit (SDK) untuk perangkat mobile dari Kaspersky Lab akan disertakan ke dalam solusi ini, menambahkan lapisan keamanan ekstra dan menjadi pelopor pembayaran mobile yang aman.

“Kita hidup di dunia yang benar-benar terkoneksi. Tapi karena jumlah perangkat terkoneksi ini terus bertumbuh, begitu juga jumlah ancaman. Dan sayangnya ada jutaan perangkat terkoneksi, yang aktif digunakan saat ini, memang tidak dirancang untuk menjadi aman,” sambung Eugene Kaspersky, CEO Kaspersky Lab

Ia menambahkan, seharusnya, segi keamanan juga dibangun sejak awal. “Ada kebutuhan mendesak untuk membangun dan menerapkan tingkat keamanan yang lebih tinggi untuk perangkat IoT, dan kami merasa senang bisa bekerja sama dengan WISeKey dalam pengembangan solusi tersebut,” pungkasnya dalam keterangan tertulis, Jumat (15/1).

Solusi kolaboratif ini akan berdasarkan ‘Cryptographic Root of Trust for IoT’ dan teknologi NFCTrusted milik WISeKey. Dengan keduanya, teknologi ini menjamin keaslian, kerahasiaan dan integritas transaksi online.Cryptographic Root of Trust for IoT telah dipasang di lebih dari 2,6 miliar desktop, browser, perangkat mobile, sertifikat SSL dan perangkat terkoneksi.