Telset

Telko.id, Jakarta – Google melaporkan adanya peningkatan aktivitas pencarian di bulan Ramadhan. Total, peningkatan aktivitas googling mencapai 40% dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Menurut Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, di bulan Ramadhan, pengguna lebih sering menggunakan smartphone dan gadget lainnya untuk berselancar di internet.

“Terjadi peningkatan 40% terkait pencarian dan di bulan Ramadhan orang lebih banyak mencari apa yang ingin dicari,” ujar Veronica di Jakarta, Kamis (16/05/2019)

Google Indonesia mengklasifikasi kategori pencarian informasi pengguna selama bulan Ramadhan. Hasilnya, ada 4 kategori pencarian yakni Informasi Penunjang Ibadah, Makanan di Bulan Ramadan, Terbaik, Terbaru dan Termurah serta Konten Religius.

“Mereka mencari info untuk menunjang ibadah, membeli pakaian atau gadget, dan konten religus untuk beribadah di bulan Ramadan,” tambahnya.

Peningkatan aktivitas juga terjadi di Youtube. Dalam pemaparannya, Veronica menjelaskan jika waktu menonton lebih tinggi di bulan Ramadhan yakni 40%, dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Menurutnya, peningkatan ini terjadi karena ada pengguna mengganti aktivitas makan siang mereka menjadi menonton video di Youtube.

“Biasanya kan makan siang, tapi kalo sekarang kan enggak. Jadi mereka menghabiskan waktu sektiar 1 jam untuk menonton video di Youtube,” tutur Veronica.

Tidak hanya pencarian di Google dan Youtube. Peningkatan aktivitas juga terjadi di aplikasi Google Play Store. Di bulan Ramadhan, terjadi peningkatan download aplikasi hingga 20%. Peningkatan terjadi pengguna ingin mengunduh film, buku atau aplikasi terbaru untuk menunjang kegiatan mereka di bulan puasa ini.

“Mereka ingin mencari hiburan tambahan seperti aplikasi, buku ataupun film,” ucap Veronica. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.