Aktifitas Digital

Telko.id – Aktifitas digital kini sudah bukan sesuatu kemewahan lagi, tetapi sebuah kebutuhan. Terlebih saat pandemi seperti ini yang membuat kita di rumah saja, baik bekerja maupun belajar. Nah, dengan kebutuhan tersebut maka akses internet pun pasti ingin yang lancar.

Untuk saat ini, layanan 4G adalah yang terbaik dan sudah hampir merata layanannya. Hanya saja, memang masih ada wilayah yang belum tercover teknologi ini, masih menerima layanan 3G. Wilayah inilah yang dijadikan target oleh para operator, termasuk Telkomsel untuk dibangun jaringan 4G. Target nya pada tahun 2022, semua wilayah yang dijangkau oleh operator ini sudah akan mendapatkan layanan 4G.

“Hingga saat ini, jaringan 4G Telkomsel sudah menjangkau sekitar 95% dari wilayah populasi Indonesia dan akan terus ditingkatkan cakupannya. Dalam beberapa tahun terakhir, Telkomsel telah memfokuskan pembangunan infrastruktur jaringan untuk mengakomodasi jaringan 4G di lebih banyak daerah di Indonesia, sekaligus meningkatkan kualitas di daerah-daerah yang sudah menikmati jaringan tersebut,” ungkap Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel menjelaskan.

Denny juga menambahkan bahwa pembangunan infrastruktur ini juga telah dirancang secara matang untuk bisa mendukung pemerataan akses dan kualitas 4G di berbagai wilayah di Indonesia, agar manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan begitu, Telkomsel bisa membuka lebih banyak peluang dan kesempatan bagi setiap insan di Indonesia untuk memanfaatkan akses broadband terdepan dan terluas dari Telkomsel untuk mendukung kehidupan sehari-hari.

Pembangunan infrastruktur yang difokuskan pada pengembangan jaringan 4G ini juga menjadi wujud nyata dari kontribusi Telkomsel dalam memperkuat kolaborasi dengan pemerintah, yang dalam hal ini adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Upaya pemerataan akses dan kualitas 4G dari Telkomsel ini menjadi bagian dari dukungan perusahaan terhadap upaya pemerintah melalui Kemkominfo RI dalam menghadirkan jaringan 4G di seluruh desa dan kelurahan di Indonesia hingga 2022 mendatang.

Lalu, apa yang dapat dirasakan masyarakat dari adanya teknologi 4G yang merata ini ?  Apa keunggulan layanan 4G ini dibandingkan dengan 3G? Dari sisi teknologi yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat adalah dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat melakukan download game sebesar 20MB hanya dalam waktu 25 detik saja. Bandingkan dengan dengan 3G yang membutuhkan waktu sampai 3 menit.

Lalu, streaming music hanya butuh waktu 1 detik buffer, sedangkan untuk 3G, yang dibutuhkan 10 detik buffer dan ada kemungkinan terganggu saat memutarnya.  Bagaimana dengan streaming SD (Standard Definition) video? Untuk 4G hanya perlu waktu 1 detik buffer saja, sedangkan 3G perlu waktu 20 detik dan ada kemungkinan gangguan saat memutarnya. Sedangkan untuk streaming HD (High Definition) video 30 detik buffer saja kalau pakai 4G. Untuk 3G membutuhkan 1 sampai 5 menit buffer.

Nah, bagaimana untuk upload image? Pada layanan 4G tentu lebih cepat. Hanya butuh waktu 1 detik saja. Sedangkan untuk 3G, membutuhkan waktu 25 detik.

Mengetahui keunggulan nya, pasti ingin kan pindah ke layanan 4G? untuk bisa menikmati layanan 4G, Anda harus memastikan smartphone yang digunakan sudah support teknologi tersebut. Selanjutnya, tinggal ganti kartu atau simcard, bisa dengan nomor yang sama, dengan 4G USIM card.

Untuk mengganti kartu 4G Telkomsel dapat diperoleh dengan cara sangat mudah. Anda dapat menukar kartu 4G di GraPARI terdekat. Permintaan ganti kartu 4G pun dapat dilakukan melalui website www.telkomsel.com/4g, aplikasi MyTelkomsel, Call center 188 dan sosial media yang selanjutnya kartu 4G tersebut akan dikirim ke alamat Anda. (Adv)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.