Categories: TREND&TECHNOLOGY
| On 3 weeks ago

Akhirnya, Ada Fitur untuk Kontrol Rekomendasi Video YouTube

Telko.id, Jakarta YouTube biasanya memberikan rekomendasi video secara otomatis kepada penggunanya, berdasarkan konten ataupun channel yang disukai. Akan tetapi, terkadang rekomendasi video YouTube tidak sesuai keinginan para pengguna yang pada akhirnya membuat mereka menekan tombol “Not Interested”.

Sepertinya YouTube melihat hal tersebut. Sehingga, layanan video besutan Google ini menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna mengatur rekomendasi video yang muncul di halaman utama YouTube mereka.

Dilaporkan Ubergizmo, seperti dilansir Telko.id pada Kamis (27/06/2019), YouTube mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan fitur yang memberi pengguna kontrol atas video yang direkomendasikan kepada mereka.

“Meskipun kami mencoba yang terbaik untuk menyarankan video yang akan Anda nikmati, kami tidak selalu melakukannya dengan benar, jadi kami memberi Anda lebih banyak kontrol untuk saat kami tidak melakukannya,” tulis Youtube.

{Baca juga: YouTube Bakal Sembunyikan Kolom Komentar, Ini Alasannya}

“Kami sekarang membuatnya mudah bagi Anda untuk memberi tahu kami agar berhenti menyarankan video dari channel tertentu,” tambah mereka.

Belum diketahui bagaimana fitur itu bekerja. Dan lagi, YouTube pertama kali akan menghadirkannya di aplikasi untuk iOS dan Android.

“Akhirnya, kadang-kadang, kami merekomendasikan video dari saluran yang belum pernah Anda lihat sebelumnya berdasarkan apa yang disukai dan ditonton oleh pemirsa lain yang memiliki minat yang sama di masa lalu,” ujar Youtube.

Pada pengumuman tersebut, layanan ini juga akan menghadirkan penjelasan mengapa mereka memberikan suatu rekomendasi kepada pengguna. Nantinya akan ada sebuah kotak kecil di bawah video yang menjelaskan alasan Youtube memberikan rekomendasi tersebut.

{Baca juga: Ada Fitur Merias Wajah di YouTube, Mau Coba?}

“Saat kami menyarankan video berdasarkan ini, Anda sekarang akan melihat lebih banyak informasi di bawah video dalam sebuah kotak kecil. Tujuan kami adalah untuk menjelaskan mengapa video ini muncul di beranda Anda untuk membantu Anda menemukan video dari saluran baru yang mungkin Anda sukai,” tutupnya. (NM/FHP)

Sumber: Ubergizmo