Home TREND&TECHNOLOGY AirPods dan Wireless Headphone jadi Pemicu Kanker

AirPods dan Wireless Headphone jadi Pemicu Kanker

Telko.id, Jakarta – Sekitar 250 ilmuwan dari 40 negara secara kompak mengatakan, AirPods dan wireless headphone bisa picu kanker. Mereka mengingatkan masyarakat terkait kandungan radiasi medan elektromagnetik non-ionisasi (EMF) pada perangkat tersebut.

Para ilmuwan mengungkapkan, kandungan tersebut bisa memengaruhi biologis dan kesehatan. Bluetooth sendiri menggunakan EMF untuk menransmisikan data berbahaya. Namun, para ilmuwan menemukan bahwa AirPods dan headphone nirkabel lain lebih berbahaya.

Dilansir News.com.au, dikutip Telko.id, Jumat (15/03/2019), perangkat yang digunakan di dalam saluran telinga yang mengarah langsung ke jaringan otak membuat gelombang radio yang dipancarkan bisa meningkatkan risiko kanker, stres, hingga kerusakan genetik.

{Baca juga: Riset: Frekuensi 2G dan 3G Picu Kanker Pada Tikus}

Para ilmuwan pun mengajukan petisi kepada Perserikatan Bangsa Bangsa dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mendorong pengembangan pedoman EMF yang lebih protektif, terutama terkait risiko kesehatan. Hal itu dikatakan oleh profesor biokimia University of Colorado, Jerry Phillips.

Dalam situs resmi EMF Scientist, ia membeberkan sejumlah gangguan akibat penggunaan jangka panjang headphone nirkabel. Gangguan tersebut meliputi tumor dan fungsi sel abnormal.

Para peneliti juga menemukan ancaman terhadap DNA. Dalam periode tertentu, mereka menyatakan bahwa paparan radiasi EMF kepada manusia bisa merusak DNA.

{Baca juga: Fitur Pengisian Super Cepat Sambangi AirPods 2}

Kendati demikian, sebagian ilmuwan meyakini bahwa paparan radiasi EMF tidak akan membahayakan kesehatan manusia.  Hal itu berdasarkan ribuan makalah yang ada.

“Ada ribuan makalah yang melihat relevansi frekuensi radio dengan kesehatan. Namun, argumen tersebut tidak memiliki kredibilitas,” ucap Kenneth Foster, profesor bioteknologi di University of Pennsylvania, yang telah mempelajari efek radiasi perangkat nirkabel terhadap kesehatan. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest articles

Demo 22 Mei, Pemerintah Batasi Akses WhatsApp dkk

Telko.id, Jakarta – Demi mencegah provokasi pasca aksi demo 22 Mei yang terjadi sejak Selasa kemarin (21/05), pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Komunikasi...

NASA Ungkap Bentuk Objek Misterius, Ultima Thule

Telko.id, Jakarta – Sejak kali pertama menemukan Ultima Thule yang misterius pada awal tahun ini, NASA berhasil menjaring penemuan lain tentang benda antariksa purba....

Akses Media Sosial Dibatasi, Apa Kata Operator Seluler?

Telko.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara sudah mengumumkan pembatasan layanan...

Samsung Rilis Pembaruan OTA untuk Galaxy A70

Telko.id, Jakarta – Samsung merilis pembaruan software untuk smartphone menengah terbarunya, Samsung Galaxy A70 via OTA. Pembaruan dengan nomor A705GMDDU1ASE4 ini sebesar 376MB, dan membawa sejumlah peningkatan...