Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Axiata Malaysia Akan Jual 20% sahamnya di Idea Cellular

Telko.id – Sebagai perusahaan asal Malaysia, Axiata melihat bahwa telekomunikasi di India akan tetap tenang. Setidaknya untuk tiga tahun ke depan. Namun hal itu tidak mengurangi keinginannya untuk menjual 20% sahamnya di Idea Cellular. Kondisi telekomunikasi di India memang sedang menunggu reaksi pasar selanjutnya setelah masuknya Reliance Jio Infocomm beberapa waktu lalu, seperti dilansir dari Economic Times.

Sebelumnya Telekom Malaysia, Axiata pernah mengajukan ke Holding Group Idea yakni Aditya Birla Group, untuk membeli kembali sahamnya. Tapi permintaan tersebut ditolak. Itu sebabnya, Axiata mencari pembeli lain. Bahkan sampai membentuk tim khusus untuk menjual sahamnya di Idea.

“Mereka (Axiata) memiliki hak untuk menjual ke investor dan beberapa perusahaan strategis, dipersilakan untuk menjual kepada siapa pun,” kata salah satu sumber menyebutkan.

Namun, pembeli untuk saham minoritas di perusahaan telekomunikasi India mungkin sulit didapat, kata seorang bankir investasi. Mereka lebih tertarik pada saham mayoritas.

Nilai saham yang diperkirakan dari Idea Cellular pada buku Axiata telah dipatok pada Rs 155 masing-masing. Yang membandingkan dengan harga penutupan Idea Cellular dari Rs 79 pada hari Selasa, turun dari rekor Rs 145 tahun lalu.

Aditya Birla Group sebagai parent company memiliki 42% dari Idea. Sedangkan sisanya dipegang oleh investor institusi dan ritel. Aditya pun sempat menawarkan pada Axiata untuk meningkatkan sahamnya dari 20% di Idea beberapa tahun yang lalu. Namun tawaran itu tidak diambil.

“Axiata dapat menggunakan uang tunai, atau setidaknya kebutuhan untuk kembali fokus pada pasar dalam negeri,” kata salah satu dari mereka yang disebutkan di atas. “Ini tidak memiliki kontrol atas apa yang terjadi pada saham minoritas.” Juru bicara untuk Axiata dan Idea Cellular menolak berkomentar.

INDIA JOURNEY
Masuknya Axiata ke India dilakukan sangat hati-hati. Dimulai dengan investasi di Spice Telecom pada tahun 2006. Kemudian mendukung Idea mengakuisisi cellular operator, Punjab dengan hanya membayar sebesar $ 2 miliar pada tahun 2008 untuk sahamnya.

Idea tumbuh cepat, bahkan mampu menduduki posisi ketiga dalam hal pendapatan pada tahun 2009, tetapi investor Malaysia mencatatkan hanya sekitar $ 360.000.000 pada tahun 2010. Hal ini disebabkan oleh kompetisi yang sangat intensif dan pasar sempat ramai dengan lebih dari selusin saingan. Pada saat yang sama, Vodafone Plc hanya mampu membukukan sekitar $ 3 miliar dari India.

Idea Cellular menjual saham baru dalam penempatan institusional yang memenuhi syarat pada tahun 2014 untuk mengumpulkan uang untuk belanja modal dan pembelian spektrum. Axiata pun mengambil bagian dalam penjualan untuk mempertahankan tingkat sahamnya di perusahaan.

DILEMA KOMPETITIF
Idea Cellular berusaha untuk memposisikan dirinya sebagai pemain data dalam menanggapi adopsi 4G lebih cepat dari yang diperkirakan. Pesaing nya, Reliance Jio menawarkan layanan suara tanpa biaya kepada pelanggan. Hal ini sangat memukul Idea. Pendapatan per unit data pun harus diturunkan agar mampu bersaing dengan Jio yang memberi layanan percobaan gratis.

Selain itu, Idea sebagai operator incumbent biasa menggunakan denominasi Rs 500 dan Rs 1.000. Dengan ada kebijakan pemerintah untuk menurunkan denominasi di pasar menjadi Rs 100-150. Tentu hal ini akan mempengaruhi pendapatan dari isi ulang kembali dari pelanggan. Setidaknya, dapat kondisi ini akan berdampak pada laba per saham sekitar 4-5% yang akan terus mengikis harga saham Ide dalam enam bulan mendatang, kata seorang analis.

kondisi ini pun akan mempersulit Axiata yang sedang mencari pembeli. (Icha)

Latest

Lebaran, Indosat Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17%

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan...

Jelajahi Keajaiban AI Eraser & AI Smart Image Matting di Oppo Reno11 F 5G

Telko.id - Oppo bersama grup K-Pop populer BSS (Seventeen)...

Telkomsel Ajak Pelanggan Ciptakan Jejak Kebaikan

Telko.id - Telkomsel melalui inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR)...

Rahasia Samsung Bertahan 15 Tahun di Peringkat Satu Global Signage

Telko.id - Samsung Electronics Co., Ltd. mengumumkan prestasinya sebagai...

Rekomendasi

Ini Manfaat, 4 Operator Indonesia Hadirkan Layanan API GSMA Open Gateway

Telko.id – Empat operator Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), XL Axiata, dan Smartfren mengumumkan peluncuran tiga layanan Application Programming Interface...

Done, Teleglobal dan Kacific Selesaikan Mobile Backhaul Berbasis Satelit

Telko.id – Akhirnya, Teleglobal dan Kacific bisa menyelesaikan penyediaan mobile backhaul service berskala besar untuk operator telekomunikasi yang memiliki jangkauan luas di Indonesia. Kerjasama ini...

Ini Operator Seluler Indonesia Yang Jadi Global Rising Star versi OpenSignal!

Telko.id – OpenSignal baru saja mengeluarkan laporannya dalam Global Mobile Network Awards 2022. Dari deretan operator dunia, ada operator seluler di Indonesia yang masuk...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini