Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Gawat! Para Penjahat Siber Ikut Ramaikan Ajang Olimpiade 2016

Telko.id – Tak ubahnya Piala Dunia, Olimpiade pun menjadi ajang olahraga empat tahunan yang kehadirannya selalu dinanti banyak orang. Tak hanya mereka yang mencintai olahraga, tetapi juga penipu online. Tidak percaya?

Para ahli di Kaspersky Lab mengungkapkan temuanya baru-baru ini, terkait e-mail spam mengenai Olimpiade di Rio de Janeiro yang akan digelar Agustus nanti. Menurut mereka, e-mail tersebut pertama kali ditemukan pada awal tahun 2015, atau setahun sebelum acara dilangsungkan. Mayoritas e-mail spam tersebut dalam bahasa Inggris, meskipun ada beberapa juga yang menggunakan bahasa Portugis. Menurut penelitian Kaspersky Lab, kelompok penipu internasional menjadi dalang dari pembuatan layanan tiket palsu untuk pertandingan pada Olimpiade 2016.

Tentu saja, peristiwa akbar seperti Olimpiade memang sudah pasti menarik perhatian spammer, mengingat acara ini merupakan sebuah kesempatan yang baik untuk mendapatkan uang. Namun, baru-baru ini para ahli Kaspersky Lab mendeteksi adanya e-mail spam yang didedikasikan untuk Olimpiade di Rio de Janeiro. Topik yang paling sering digunakan oleh e-mail spam ini adalah korban memenangkan tiket lotere palsu yang diselenggarakan oleh Komite Olimpiade Internasional dan pemerintah Brasil.

Spammer mencoba untuk meyakinkan korban bahwa alamat e-mail mereka telah dipilih secara acak dari daftar peserta undian. Untuk menerima hadiah mereka, korban harus membalas e-mail spam tersebut dan memberikan informasi pribadi mereka.

Selain e-mail spam, ancaman lain yang dihadapi oleh pengguna adalah layanan penjualan tiket untuk Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Tim Kaspersky Lab terus mendeteksi dan mem-blok domain palsu dengan judul e-mail «rio» atau «rio2016».

Halaman web berbahaya yang ditemukan oleh tim Kaspersky Lab ini dibuat dengan sangat baik. Para penipu sering membeli sertifikat SSL murah dan sederhana, yang memungkinkan koneksi aman antara web server dan browser dan memberikan “https” pada awal address bar. Hal ini membuat lebih sulit bagi para pengguna untuk membedakan halaman palsu dari layanan tiket resmi Olimpiade.

Bentuk penipuan yang digunakan oleh penjahat siber ini sebenarnya cukup sederhana. Pada situs phishing, pengguna diminta untuk memberikan informasi pribadi – termasuk rincian rekening bank – untuk membayar tiket Olimpiade palsu. Setelah mendapatkan informasi ini, penjahat siber menggunakannya untuk mencuri uang dari rekening bank milik korban. Agar terdengar lebih meyakinkan lagi, para penipu menginformasikan kepada korban mereka bahwa mereka akan menerima tiket tersebut dua atau tiga minggu sebelum acara yang sebenarnya berlangsung.

“Menurut penelitian kami, pembuatan situs palsu biasanya melibatkan kelompok penipuan internasional yang terorganisasi dengan baik. Mereka berbagi tugas, sehingga masing-masing kelompok kecil bertanggung jawab untuk bagian tertentu dari pekerjaan. Misalnya, satu kelompok menciptakan situs web, kelompok lainnya bertanggung jawab untuk register domain, kelompok yang lain lagi mengumpulkan dan menjual informasi pribadi dari korban, dll,” kata Andrey Kostin, Senior Web-Content Analyst di Kaspersky Lab.

Ia menjelaskan, para penggemar olahraga harus cerdas ketika membeli tiket agar tidak menjadi korban dari aksi penipuan ini. Mereka juga seharusnya hanya percaya kepada reseller resmi, tidak peduli seberapa menarik harga rendah yang ditawarkan oleh sumber lain.

Oleh karenanya, agar transaksi pembelian tiket melalui Internet tetap aman, Kaspersky Lab menganjurkan untuk tidak membeli apa-apa – baik itu tiket ataupun souvenir Olimpiade – di toko online yang diiklankan melalui spam atau iklan banner yang mencurigakan. Perusahaan juga merekomendasikan memiliki rekening bank yang terpisah, dan kartu dengan jumlah uang yang tidak terlalu banyak di dalamnya, untuk pembayaran online.

“Untuk melindungi e-mail Anda dari spam, pastikan perangkat lunak keamanan Anda selalu up to date dan memiliki fitur anti-phishing dan anti-spam untuk membantu menjaga informasi pribadi beserta uang Anda tetap aman,” pungkas Andrey.

Latest

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code:...

Galaxy AI Bakal Hadir Di Flagship Samsung Lain, Ini Daftarnya!

Telko.id - Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan Galaxy...

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP, Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Telko.id - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan...

Telkomsel Ramadan Insight 2024, Panduan Bagi Para Pelaku Bisnis

Telko.id - Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali...

Rekomendasi

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code: ERAL) atau sering disebut juga dengan Erajaya Active Lifestyle mengumumkan laporan keuangan untuk periode tahun...

Lenovo ThinkStation P8, Terinspirasi Oleh Aston Martin

Telko.id - Lenovo hari ini meluncurkan ThinkStation P8 di Indonesia, workstation baru yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO 7000 WX-Series dan GPU NVIDIA...

Ericsson Bakal Pangkas 1.200 Pekerja di Swedia

Telko.id - Ericsson baru saja mengumumkan bahwa mereka akan memberhentikan sekitar 1.200 karyawan di Swedia. Sebelumnya, tahun lalu, perusahaan juga sudah memberhentikan 8.500 staf, atau...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini