Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Riset: Jumlah Serangan di Sektor Korporasi Tumbuh 6x Lipat Tahun Ini

Telko.id – Segmen bisnis menjadi target yang semakin menarik bagi para pengembang cipher-malware. Menurut laporan Kaspersky Lab, berdasarkan data Kaspersky Security Network (KSN), jumlah serangan terhadap sektor korporasi pada periode 2015-2016, tumbuh enam kali lipat (dari 27.000 ke 158.000) dibandingkan dengan 2014-2015.

“Fakta ini menunjukkan bahwa ransomware mencoba untuk mengenkripsi data setiap satu dari sepuluh pengguna B2B,” kata laporan itu.

Penjahat siber yang menggunakan ransomware mulai sering menyerang bisnis, terutama perusahaan kecil dan menengah (UKM). Tren ini dikonfirmasi oleh laporan IT Security Risks 2016 dari Kaspersky Lab dan B2B International, di mana 42% responden dari usaha kecil dan menengah (UKM) setuju bahwa crypto-malware adalah salah satu ancaman paling serius yang mereka hadapi tahun lalu.

Untuk perusahaan kecil, tidak tersedianya data – bahkan dalam periode singkat sekalipun – dapat menyebabkan kerugian yang signifikan atau bahkan membawa seluruh operasi mereka berhenti total.

Jika sebuah perusahaan belum mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjamin keamanan data-data yang penting, maka membeli kunci dekripsi dari penjahat siber merupakan satu-satunya cara untuk memulihkan data. Namun, hal ini tidak menjamin pemulihan data secara lengkap. Cara terbaik untuk melindungi perusahaan Anda dari malware adalah untuk mencegah serangan di sejak awal.

Para ahli Kaspersky Lab merekomendasikan kepada perusahaan-perusahaan kecil dan menengah (UKM) untuk mengikuti beberapa aturan keselamatan sederhana untuk mengatasi ancaman ini, diantaranya:

1. Membuat cadangan salinan dari semua file penting secara reguler. Perusahaan harus memiliki dua backup: satu di cloud (misalnya Dropbox, Google Drive, dll), dan satu lagi di server tambahan atau pada removable medium jika volume data tidak terlalu besar.

2. Gunakan penyedia layanan terkenal dan terpercaya yang berinvestasi untuk keamanan. Biasanya Anda dapat menemukan rekomendasi keamanan pada website perusahaan, mereka juga menerbitkan audit mengenai keamanan pada infrastruktur cloud dari pihak ketiga. Jangan berasumsi bahwa penyedia cloud sama sekali tidak memiliki masalah keamanan, ketersediaan atau kebocoran data. Hal ini akan menimbulkan pertanyaan, apa yang akan Anda lakukan jika penyedia keamanan menghilangkan data Anda. Harus ada backup data dan proses pengembalian data yang transparan bersamaan dengan perlindungan data dan kontrol akses.

3. Hindari penggunaan layanan keamanan dan software anti-malware gratis. Solusi keamanan gratis memang memberikan perlindungan dasar, tetapi seringnya mereka gagal untuk memberikan dukungan keamanan yang berlapis. Sebaliknya, lihatlah solusi khusus: mereka sesungguhnya tidak membutuhkan dana yang besar, tetapi mampu memberikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi.

4. Secara teratur memperbarui OS, browser, anti-virus, dan aplikasi lainnya. Penjahat menggunakan kerentanan dalam perangkat lunak yang paling populer untuk menginfeksi pengguna perangkat.

5. Mencegah situasi genting terhadap TI – mengundang ahli untuk mengkonfigurasi solusi keamanan perusahaan Anda. Usaha kecil biasanya tidak memiliki departemen TI atau administrator yang berdedikasi penuh waktu, perusahaan hanya bergantung pada pegawai yang paling memahami masalah TI untuk mengurusi masalah komputer, di samping tugas rutinnya. Jangan menunggu sampai terjadi insiden, gunakan dukungan TI dari penyedia layanan TI untuk meninjau perangkat lunak dan konfigurasi keamanan sejak dari awal.

Diungkapkan Konstantin Voronkov, Head of Endpoint Product Management Kaspersky Lab, crypto-malware menjadi ancaman yang semakin serius saat ini, tidak hanya perusahaan menderita kerugian uang untuk tebusan tapi bisnis juga bisa lumpuh selama proses pemulihan file.

“Vektor serangan cukup luas termasuk website, e-mail, eksploitasi software, perangkat USB, dan lain-lain. Untuk menghindari infeksi, personil TI Anda harus menjelaskan dari mana serangan berasal dan seharusnya pegawai tersebut tidak membuka lampiran e-mail, mengunjungi web dari sumber tak terpercaya atau menghubungkan perangkat USB ke komputer yang tidak memiliki perlindungan,” katanya.

Ia menambahkan, solusi anti-malware menjadi tolak ukur penting untuk menghindari insiden keamanan yang sering terjadi.

Latest

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development...

Rekomendasi

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu tahun sekali, pas hari Raya Idul Fitri. Nah, kali ini Telko.id berkesempatan mudik berbekal Acer...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development (IMD) terkait Smart City Indeks (SCI) 2024 menyebutkan bahwa Indonesia perlu perbaikan soal kemacetan dan...

Tukar Sampah Botol Plastik Menjadi Uang Elektronik

Telko.id – Yuk ikutan tukar sampah botol plastik, bisa ditukar jadi uang elektronik lho. Ini merupakan inisiatif dar Sinar Mas Land melalui Living Lab...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini