Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Riset: Small Cell Bisa Bantu Atasi Kesenjangan Digital

Telko.id – Seiring dengan meningkatnya konektivitas metropolitan menuju kecepatan 5G, investasi di backhaul small cell di masyarakat pedesaan dapat membantu mempersempit kesenjangan digital, demikian menurut ABI Research.

Menurut lembaga penelitian ini lagi, kemajuan dalam teknologi small cell dan backhaul nirkabel dapat menurunkan total biaya kepemilikan (TCOs), menarik pemangku kepentingan, dan menghindari pelebaran kesenjangan digital antara perkotaan dan pedesaan.

“Untuk akses pedesaan, small cell menawarkan kapasitas yang memadai dengan biaya yang lebih rendah dan ukuran yang lebih kecil,” kata Ahmed Ali, analis senior di ABI Research.

“Mereka menghilangkan kebutuhan untuk penyebaran makro dan memotong biaya peralatan dan instalasi di daerah pedesaan. Mengadopsi fitur seperti mobile edge computing dan aplikasi lokal dapat meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan dan laba atas investasi (ROI) untuk operator.”

Namun, keterbatasan belanja backhaul small cell hingga 2020 mengancam banyak pedesaan dan daerah terpencil untuk jauh tertinggal di era pasca-informasi dari akses Internet broadband mobile.

Aspek menantang dalam konektivitas pedesaan adalah backhaul. ABI Research mengatakan beberapa pilihan backhaul nirkabel cocok untuk penyebaran di pedesaan, tetapi sub-6 GHz adalah yang terbaik karena fleksibilitasnya dalam mengatasi hambatan dalam lingkungan yang keras dan lokasi yang sulit dijangkau.

Sistem satelit juga merupakan alternatif yang baik, karena cakupan globalnya membuatnya dapat diakses oleh berbagai aplikasi yang lebih luas, termasuk lokasi terpencil, kendaraan bergerak, dan penyebaran sementara.

Namun, meskipun aksesibilitas backhaul satelit untuk banyak kasus penggunaan di pedesaan dan daerah terpencil, teknologi ini tidak bebas biaya dan bermasalah dengan latency.

“Meskipun link satelit mengalami pertumbuhan yang relatif lambat, kolaborasi yang lebih antara operator seluler, vendor small cell, dan operator satelit pasti akan menyebabkan peningkatan teknologi dan meningkatkan tingkat adopsi,” lanjut Ali.

ABI Research memperkirakan link backhaul kumulatif sub-6 GHz small cell di pedesaan hingga 2020 akan mendominasi dengan 46% dari total link yang dikerahkan, diikuti oleh microwave dan satelit.

Latest

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development...

Rekomendasi

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu tahun sekali, pas hari Raya Idul Fitri. Nah, kali ini Telko.id berkesempatan mudik berbekal Acer...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development (IMD) terkait Smart City Indeks (SCI) 2024 menyebutkan bahwa Indonesia perlu perbaikan soal kemacetan dan...

Tukar Sampah Botol Plastik Menjadi Uang Elektronik

Telko.id – Yuk ikutan tukar sampah botol plastik, bisa ditukar jadi uang elektronik lho. Ini merupakan inisiatif dar Sinar Mas Land melalui Living Lab...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini