Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Riset: Pasar Smart City Amerika Latin Tumbuh 19% Pada 2020

Telko.id – Pasar smart city di Amerika Latin akan melonjak hampir 20% dalam empat tahun ke depan, didorong oleh urbanisasi dan investasi besar-besaran di sektor infrastruktur, demikian dilaporkan Markets & Market, seperti dikutip situs BNamericas.

Lembaga riset ini memperkirakan pasar tahunan smart city akan tumbuh 19,4% pada tahun 2020, mencapai total US$ 758 miliar.

Salah satu faktor pendorong pertumbuhan smart city, menurut direktur Telefónica Alfredo Martín, adalah terus masuknya warga ke kota-kota Amerika Latin. Dia memprediksi bahwa pada tahun 2050, 85% dari populasi Amerika Latin akan tinggal di pusat-pusat kota. Pergeseran demografis besar-besaran ini mau tak mau memaksa pemerintah untuk bergerak di luar pendekatan perencanaan kota tradisional dan merangkul inovasi infrastruktur berbasi teknologi.

Pendorong lainnya adalah besarnya investasi regional untuk infrastruktur cerdas, yang saat ini sekitar US$ 100 miliar per tahun.

Penelitian Navigant melihat pengelolaan air sebagai salah satu segmen pertumbuhan smart city terbesar di tahun-tahun mendatang. Misalnya, Peru saat ini hanya menghancurkan 30% dari limbahnya, tetapi harus secara signifikan meningkatkan jumlah ini jika kotanya harus menangani ledakan penduduk.

Dari sektor telekomunikasi, analis juga memprediksi bahwa pertumbuhan smart city yang signifikan akan terjadi. Hal ini sebagian besar didorong oleh inisiatif broadband yang dapat diakses, seperti Plan Vive Digital 2014-2018 milik Kolombia atau Rede Cidade Digital milik Brazil yang menargetkan 300 kota.

Beberapa negara juga memprioritaskan investasi smart city yang berfokus pada efisiensi energi dan keberlanjutan. Mexico, Brazil, Kolombia dan Peru,misalnya, memiliki semua investasi yang dialokasikan untuk proyek-proyek infrastruktur yang ditujukan untuk meningkatkan efiesiensi manajemen gedung, transportasi dan keamanan.

Secara khusus, seperti dilaporkan Readwrite, Senin (27/6), Kolombia telah menginvestasikan lebih dari US$ 111 miliar melalui berbagai kementrian di pemerintahan sejauh ini, mengingat negara berusaha untuk mengembangkan infrastruktur pintar di dalam dan di antara kota-kotanya.

Sementara itu, Chile juga menempatkan proyek smart city di barisan depan, dengan proyek-proyek yang sedang berlangsung di Guayaquil dan Arequipa untuk mendigitalkan pelayanan publik.

Latest

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development...

Rekomendasi

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu tahun sekali, pas hari Raya Idul Fitri. Nah, kali ini Telko.id berkesempatan mudik berbekal Acer...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development (IMD) terkait Smart City Indeks (SCI) 2024 menyebutkan bahwa Indonesia perlu perbaikan soal kemacetan dan...

Tukar Sampah Botol Plastik Menjadi Uang Elektronik

Telko.id – Yuk ikutan tukar sampah botol plastik, bisa ditukar jadi uang elektronik lho. Ini merupakan inisiatif dar Sinar Mas Land melalui Living Lab...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini