Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Smartfren Tegaskan Perlunya Sertifikasi Telko

Telko.id – Asosiasi yang dinamakan Perkumpulan Profesi Telekomunikasi Seluler Indonesia atau PPTSI telah diresmikan pada 26 Mei 2016, kemarin.

Diresmikannya PPTSI ini juga bertujuan untuk memberikan sertifikasi kepada para pekerja di industri telekomunikasi Indonesia. Hal ini ditujukan agar setiap perusahaan yang bergerak dalam industri ini juga akan memiliki karyawan dengan kompentensi yang baik dan mampu bersaing dengan lebih kompetitif.

Sekadar informasi, Sertifikasi yang dikeluarkan oleh asosiasi ini tidak main-main, karena sudah memenuhi Sistem Standarisasi Kompetensi Kerja Nasional yang tertuang dalam Permenaker 5 Thn 2012 dan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Sertifikasi ini pun tidak hanya satu macam saja. Tetapi akan ada beberapa sertifikasi sesuai dengan kebutuhan industri telekomunikasi seluler.

Lantas, bagaimana menurut pandangan operator seluler?

Ditemui pada kegiatan Network Drive Test yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta, (26/5). Smartfren sebagai salah satu operator penyelenggara jaringan 4G LTE Advanced di Indonesia mengaku perlu adanya sertifikasi untuk profesi di bidang telekomunikasi.

Munir S.P, selaku VP Technology Relation & Special Project PT. Smartfren Telecom menyebutkan bahwa hadirnya sertifikasi ini penting untuk kedua belah pihak, baik untuk operator (perusahaan) dan juga untuk para pekerjanya sendiri.

“Perusahaan kita ini kan adalah perusahaan teknologi yang bergerak di industri telekomunikasi, sehingga sumber daya manusianya itu tentu diperlukan kemampuan yang tidak tanggung-tanggung. Sertifikasi untuk setiap pegawai Smartfren khususnya di bidang teknologi itu merupakan sebuah basic,” ujar Munir.

Munir juga menambahkan, sebagian karyawan mereka sudah memiliki sertifikasi ketika bergabung dengan Smartfren. Iya juga menyebutkan, ada beberapa cara bagi karyawan mereka yang belum memiliki sertifikasi untuk mendapatkannya melalui bantuan dari partner mereka.

“Kalau yang belum memiliki sertifikasi dan memiliki kemampuan tinggi, dari perusahaan akan bantu untuk sertifikasikan,” tambah Munir.

Salah satu cara untuk mensertifikasikan karyawan mereka melalui vendor-vendor partner mereka. Seperti Nokia, ZTE untuk jaringan. Sedangkan untuk Chipset yakni Quallcom. Mereka juga mencoba melakukan sertifikasi kepada karyawannya dengan bantuan dari operator luar negeri seperti LG Uplus.

Berbicara mengenai karyawan yang sudah tersertifikasi, Munir menyebutkan semua karyawan di semua lini mereka sudah tersertifikasi.

“Sertifikat ini ada beberapa bagian, artinya minimum base yang diperlukan harus dimiliki oleh karyawan. Contohnya, rigger yang membantu temen-temen RF untuk manjat tower, mereka harus memiliki sertifikat manjat tiang,” tukasnya.

Munir S.P. pada saat melakukan paparan
Munir S.P. pada saat melakukan paparan

Munir juga menyebutkan, hadirnya sertifikasi ini juga memberikan kualitas kerja serta keamanan bagi diri mereka sendiri dan juga perusahaan. Dengan hadirnya sertifikat, akan memberikan posisi yang tepat bagi karyawan tadi sehingga mereka bisa bekerja secara lebih optimal di posisi yang sesuai dengan kualifikasi mereka.

“Contohnya kalau hanya lulusan murni dan belum punya apa-apa, nah kita agak kebingungan kan mau ditempati dimana. Untuk menjuruskan dia ke tempat yang benar, perlu adanya sertifikat,” papar Munir.

Untuk karyawan, Munir juga menyebutkan hadirnya sertifikat tadi tidak kalah pentingnya. Karena bagi mereka sertifikat itu merupakan sebuah ‘senjata’ ketika mereka berkarir di perusahaan lain dengan industri yang serupa.

“Sertifikat itu akan membantu dia untuk bisa lebih baik di perusahaan yang lebih cocok. Sertifikat ini juga berguna untuk mereka dalam menghadapi MEA,”

Disinggung mengenai perkumpulan PPTSI yang baru diresmikan, Munir menegaskan bahwa hal ini merupakan sebuah kemajuan, karena dengan adanya perkumpulan ini bisa memberikan hal yang positif bagi karyawan mereka.

Latest

Yuk Bisa Yuk, Produktif Lagi Setelah Liburan dengan Galaxy A55 5G

Telko.id - Setelah merayakan hari kemenangan di Hari Raya...

Telin dan Dialog Axiata, Kolaborasi Demi Keamanan Yang Lebih baik

Telko.id - Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani...

LG Gelar Better Life Festival, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Telko.id – LG gelar Better Life Festival sebagai upaya...

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan...

Rekomendasi

Sambut Ramadan dan Idul Fitri 1445H, Smartfren Perkuat Jaringan

Telko.id - Menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, Smartfren terus melakukan optimasi jaringan di seluruh wilayah operasionalnya, serta memberikan promo paket data...

Smartfren dan Baicells Kolaborasi Kembangkan LTE dan 5G

Telko.id - Baicell menandatangani kesepatakan kerja sama dengan Smartfren Business untuk mengembangkan solusi jaringan Private LTE dan Private 5G di Indonesia. Solusi tersebut akan diluncurkan...

Smartfren Home, Tawarkan Wireles Router Buat WiFi di Rumah

Telko.id - Smartfren meluncurkan Smartfren Home yakni layanan WiFi untuk di perumahan dengan menggunakan wireles router untuk memberikan pengalaman internet rumah yang mudah, kuota...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini